4 Aturan Baru yang Berlaku di Euro 2024, VAR Jerman vs Skotlandia Dijelaskan di Layar

4 Aturan Baru yang Berlaku di Euro 2024, VAR Jerman vs Skotlandia Dijelaskan di Layar

4 ATURAN baru yang berlaku di Euro 2024.-Getty Images via AFP-

HARIAN DISWAY - Euro 2024 dibuka dengan seru. Tuan rumah Jerman mengawali kampanye dalam Euro 2024 dengan kemenangan fantastis atas Skotlandia.

Dalam laga yang digelar di Allianz Arena, Munchen, 15 Juni 2024 dini hari WIB, timnas Jerman membabat tamunya 5-1.

Di babak pertama saja, tim besutan Julian Nagelsmann itu sudah unggul 3-0. Gol-gol Die Mannschaft (sebutan timnas Jerman) di babak pembuka itu diciptakan oleh Florian Wirtz (menit ke-10), Jamal Musiala (19), dan penalti Kai Havertz di injury time babak pertama.

BACA JUGA:Edan! Jerman vs Skotlandia 5-1, Der Panzer Catat Kemenangan Terbesar di Euro

Namun, di samping 3 gol spektakuler dari Jerman, terjadi juga banyak drama. Sekitar menit ke-30, Der Panzer (sebutan lain Jerman) sebenarnya sudah mendapatkan hadiah penalti.


4 ATURAN baru yang berlaku di Euro 2024, VAR Jerman vs Skotlandia dijelaskan di layar. Foto: Jamal Musiala dilanggar di luar kotak penalti.-Tom Jenkins-The Guardian

Wasit Clement Turpin menunjuk titik putih di depan gawang Skotlandia karena Jamal Musiala terjatuh. Ia dijegal Ryan Christie dan Kieran Tierney.

Namun, kemudian VAR meninjau keputusan wasit. Mereka memastikan bahwa pelanggaran itu terjadi di luar kotak penalti. Sehingga penalti untuk Jerman dibatalkan.

BACA JUGA:Rapor Pemain Jeman Setelah Menghajar Skotlandia 5-1 di Pembukaan Euro 2024

Nah, saat itulah, keputusan VAR ditampilkan di layar besar yang ada di stadion. Sehingga pendukung bisa mengetahui apa yang sedang terjadi. Saat itu, di layar tertulis, "Penalti dibatalkan. Pelanggaran dilakukan pemain Skotlandia nomor 11 (Christie) di luar area penalti."

Pemain mendapatkan keadilan. Dan penggemar mendapatkan penjelasan. Semua senang.

Penjelasan tentang VAR adalah salah satu aturan baru yang diterapkan UEFA dalam Euro 2024 kali ini. VAR bertujuan meminimalkan kecurangan-kecurangan dan kontroversi akibat kesalahan keputusan wasit. Sehingga pemanfaatannya juga harus dijelaskan. Jangan sampai penggunaan VAR masih memancing keributan.

BACA JUGA:Ilkay Gundogan Jadi Kapten Timnas Jerman di Euro 2024, Pede Bawa Der Panzer Juara!

BACA JUGA:Inggris Berburu Singgasana Euro 2024, Harry Kane Yakin 'Kutukan' Akan Berakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: uefa