Sapi Kurban Jokowi Diberi Nama Mbrebes Mili, Sudah Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya

Sapi Kurban Jokowi Diberi Nama Mbrebes Mili, Sudah Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya

Potret sapi Kurban milik Presiden RI Joko Widodo bernama Brebes Mili setibanya di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.-Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hewan kurban milik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Masjid Nasional Al-Akbar SURABAYA menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriah pada Minggu, 16 Juni 2024.

Sapi jenis peranakan Ongole berusia lima tahun itu beratnya mencapai 1.010 kg alias 1 ton. Presiden Jokowi membelinya dari peternak asal Kabupaten Lamongan, Jawa Timur bernama Teguh.

Menurut penuturan Kepala Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Helmy M. Noor, orang nomor satu di Indonesia itu rutin berkurban di Masjid Al-Akbar selama satu dekade (10 tahun) terakhir.

"Sapi ini menurut Bapak Teguh namanya Brebes Mili. Saking bahagianya karena (sapi) di beli oleh Presiden Jokowi untuk kurban tahun 2024," ucap Helmy di Surabaya, Minggu, 16 Juni 2024.

BACA JUGA:Hukum dan Syarat Berkurban Pada Hari Raya Iduladha, Bisakah Menerima Hewan Kurban dari Nonmuslim?

Selain sapi dari Presiden Jokowi, beberapa pejabat Jawa Timur juga turut serta dalam penyembelihan hewan kurban di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Ada Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

Ia berkurban sapi Peranakan Ongole dengan bobot 950 kg. Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono, juga mengurbankan sapi serupa dengan bobot 850 kg.

Ada juga sapi atas nama keluarga Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 (Khofifah Indar Parawansa). Mereka berkurban sapi persilangan Limousin dengan Angus, berwarna hitam dan bobot 1 ton.

Sementara untuk persiapan penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian daging kurban tahun ini, Helmy mengatakan pihaknya tidak membagikan kupon ataupun undangan kepada masyarakat.

"Al-Akbar tidak bagi kupon. Tetapi kita koordinasi dengan kelurahan penyangga masjid. Ada Kelurahan Menanggal, Kelurahan Pakis. Jadi sudah didasari data kabin yang telah diverifikasi rw/rt setempat," terangnya.

BACA JUGA:Keutamaan dan Manfaat Berkurban untuk Iduladha Bagi Umat Muslim

Helmy memprediksikan jumlah hewan kurban tahun ini hampir sama dengan Idul Adha sebelumnya. Meskipun, bobot hewan-hewan kurban tahun ini cenderung lebih besar dan berat.

Tahun lalu, Masjid Nasional Al Akbar menerima hewan kurban sekitar 30 sapi dan 40 kambing. "Sampai pukul semalam, jumlah sapi yang telah tiba mencapai 26 ekor, lalu kambing sudah hampir 40 ekor," ungkap Helmy.

Pemotongan hewan kurban di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, rencananya akan dilaksanakan pada H+1 Idul Adha. Tepatnya Selasa, 18 Juni 2024, mulai dari waktu subuh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: