Prabowo Sebut Negara-Negara Afrika Teladani Indonesia Dalam Hal Pembangunan

Prabowo Sebut Negara-Negara Afrika Teladani Indonesia Dalam Hal Pembangunan

Prabowo Subianto menyatakan bahwa hatinya dekat dengan benua Afrika dan menyebut banyak peluang yang bisa dikerjasamakan dengan Indonesia-Kemhan RI -

JAKARTA, HARIAN DISWAY — Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyatakan bahwa negara-negara di Afrika menjadikan negara Indonesia sebagai contoh baik yang dapat dijadikan panutan karena dianggap berhasil dalam proses pembangunan

Hal itu disampaikan oleh Prabowo usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara Gambir, Jakarta, Kamis, 13 Juni 2024.

Prabowo saat itu baru saja pulang dari KTT Gaza di Amman, Yordania dan kunjungan kerja di Jeddah, Arab Saudi. 

BACA JUGA:Prabowo Ajak Pemerintah Negara-negara Lain Desak Israel Hentikan Serangan ke Gaza

Pernyataan itu dikemukakan Prabowo saat ditanya oleh awak media perihal salah satu fokus program kebijakan pemerintahan periode 2024-2029, yakni akan memperluas dan melanjutkan kerja sama yang kuat dengan negara-negara lain, termasuk Afrika.

“Mereka (Afrika) lihat Indonesia ini sebagai suatu contoh keberhasilan negara yang berkembang, negara selatan," katanya. 

Pria kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1951 ini meneruskan, langkah-langkah Indonesia yang berani untuk melakukan hilirisasi dan keberpihakan pada rakyat yang sedang mengalami kesulitan sangat menarik di mata negara-negara benua tersebut.

Ia mengatakan bahwa tak sedikit negara-negara tetangga yang mengundang Prabowo dan termotivasi ingin belajar dan mengirimkan putra putri terbaiknya mengenyam pendidikan di Indonesia untuk mendapatkan bekal ilmu.

BACA JUGA:Prabowo Menulis Artikel di Media Asing Newsweek: Kualitas Hidup Rakyat adalah Prioritas

“Jadi, mereka banyak mengundang saya, minta bantuan Indonesia, minta dididik di Indonesia. Saya kira lebih ke arah situ,” tutur Prabowo.

Seperti diketahui, sebelumnya Prabowo mengungkap sejumlah poin soal Afrika dalam artikel opini yang ditulisnya dan terbit di media asing Newsweek, Rabu (12/6) dengan judul “The Road Ahead for Indonesia.”

Prabowo menekankan bahwa akan fokus khusus pada Afrika, yang ia gambarkan Afrika sebagai sebuah benua yang dekat dengan hatinya dan sebuah negeri yang penuh peluang. 

Namun, yang dimaksud Prabowo adalah memfokuskan dalam hal kemitraan dalam berbagai hal dan bidang yang dapat menguntungkan kedua belah pihak negara.

“Kita dapat saling mendukung, berbagi pengalaman, dan dengan membangun sinergi dan kemitraan, bekerja untuk mentransformasi negara kita," kata Prabowo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: