Sapi Kurban dari Presiden Jokowi 1 Ton Disembelih dan Dibagikan di Masjid Raya Islamic Center Surabaya

Sapi Kurban dari Presiden Jokowi 1 Ton Disembelih dan Dibagikan di Masjid Raya Islamic Center Surabaya

Hewan kurban sapi di halaman belakang gedung Masjid Raya Islamic Center, Surabaya, Senin, 17 Juni 2024.-Risky for Harian Disway.-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hewan kurban yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa seekor sapi putih peranakan Ongole dengan berat mencapai 1.010 kilogram alias 1 ton, telah disembelih di Masjid Raya Islamic Center, SURABAYA pada Senin siang ini, 17 Juni 2024.

Proses penyembelihan berlangsung di halaman belakang gedung masjid yang terletak di Jalan Raya Dukuh Kupang, Surabaya. Bersamaan dengan 11 hewan kurban lainnya yang juga disembelih di tempat tersebut.

Sebagaimana diketahui, pada perayaan Iduladha tahun ini, pengurus Masjid Raya Islamic Center Surabaya hanya menyembelih hewan kurban sapi saja, tidak ada hewan kambing.

BACA JUGA:Ribuan Umat Islam Ikuti Salat Idul Adha di Masjid Raya Islamic Center Surabaya

"Kurban hari ini ada sapi dari Bapak Presiden, juga kurban dari beberapa pejabat Provinsi Jatim. Total yang disembelih di sini ada 12 sapi," ungkap Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Islamic Center Surabaya Imam Basori.

Lebih lanjut, Imam Basori menjelaskan bahwa proses penyembelihan, penimbangan, dan pendistribusian daging kurban direncanakan untuk selesai dalam satu hari. 


Potret penyembelihan dan penimbangan daging kurban di Masjid Raya Islamic Center, Surabaya, Senin, 17 Juni 2024.-Novia Herawati-Harian Disway -

Setidaknya ada 70 orang dari berbagai pihak terlibat dalam kegiatan tersebut, termasuk Juru Sembelih Halal (Juleha), Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, dan pengurus Islamic Center.

"12 sapi akan disembelih hari ini semua, yang menyembelih dari Juleha. Kemudian untuk yang nimbangi dari teman-teman Biro Kesra dan Islamic Center," imbuhnya.

Pendistribusian daging kurban dilakukan dengan menggunakan 2.200 kupon yang telah disiapkan oleh panitia Iduladha Masjid Raya Islamic Center. Setiap kupon dapat ditukarkan dengan satu besek daging kurban berat 1 kilogram.

"Dibagikan kepada kelompok pengajian, wanita Islamic Center, pengajian qolbun salim, karyawan islamic center, karyawan Biro Kesra, dan masyarakat sekitar," ujar Imam.


Masyarakat yang sudah mendapat kupon berdatangan untuk mengambil daging kurban di halaman Masjid Raya Islamic Center, Surabaya, Senin, 17 Juni 2024.-Novia Herawati-Harian Disway -

Dari pantauan Harian Disway, pembagian daging kurban dimulai pukul 15.00 WIB di halaman Masjid Raya Islamic Center. 

Antusiasme masyarakat sekitar sangat tinggi. Tidak sampai 30 menit, sekitar 100 besek daging kurban sudah habis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: