Desain Interior Minimalis Ini Ciptakan Ruangan yang Sederhana dan Elegan ala Korea

Desain Interior Minimalis Ini Ciptakan Ruangan yang Sederhana dan Elegan ala Korea

Desain interior yang minimalis ini menciptakan ruangan yang sederhana dan elegan ala Korea. Foto rumah ala Korea yang bernuansa sederhana dan elegan. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Membangun rumah impian dengan desain interior yang minimalis, sederhana, dan elegan adalah keinginan semua orang. Kombinasi antara kesederhanaan desain minimalis dengan sentuhan elegan akan menciptakan ruangan yang nyaman dan estetik.

Meminimalisir elemen dekoratif yang berlebihan dapat menciptakan kesan keanggunan dan kesederhanaan. Saat ini desain interior ala Korea telah menjadi inspirasi yang populer bagi banyak orang.

Gaya ini menggabungkan estetika minimalis dengan sentuhan kelembutan dan kehangatan yang khas budaya Korea. Berikut ini adalah panduan untuk menciptakan ruangan yang memadukan sederhana dan elegan dengan nuansa Korea:

1. Desain interior bernuansa warna pastel

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Direktur Citra Advertising & Interior Wendrik Widiarto Koeseta: Li Jing Tu Zhi

Pilihan warna dasar dalam desain ala Korea cenderung menggunakan warna netral seperti putih, abu-abu, dan beige. Kemudian menggunakan warna tambahan seperti soft pink, mint, atau lavender untu memberikan kesan yang lebih hangat dan feminim.

2. Furnitur dengan desain sederhana dan elegan

Pilihlah furnitur dengan desain sederhana dan minimalis tetapi tetap elegan. Misalnya dengan garis-garis lurus yang bersih dan berbahan dasar alami seperti kayu atau logam ringan. Bahan-bahan ini akan memberikan sentuhan modern tapi tetap hangat.

Hindari pula furnitur yang terlalu banyak ornamen atau detail yang rumit. Langkah ini akan membuat ruangan terkesan tidak sesak atau penuh. Selain itu furnitur yang sedegrhana akan membuat nyaman bagi si penghuninya.

BACA JUGA: Artistik! V dan RM Pamer Interior Rumah di BTS Monument: Beyond The Star

3. Tata letak yang teratur dan simetris

Desain interior ala Korea sering menekankan tata letak yang teratur dan simetris. Maka susunlah furnitur dan dekorasi dengan rapi menggunakan elemen-elemen yang pas seperti sepasang lampu meja atau kursi yang sejajar.

Tujuannya tak lain untuk menciptakan kesan yang harmonis dan mempertahankan estetika minimalis. Bila perlu Anda bertanya atau berkonsultasi dengan desainer interior yang sangat memahami kebutuhan sesuai konsep yang Anda tetapkan.

4. Gunakan motif dan pola tradisional

Tambahkan sentuhan budaya Korea dengan memberikan motif dan pola tradisional. Misalnya motif bunga plum, awan, atau burung phoenix yang memang sangat mewakili tradisi yang masih lestari dan dijaga di Negeri Ginseng.

BACA JUGA: Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (17): Hotel Ciputra World Surabaya Menawan dengan Interior Bergaya Boterismo

Anda bisa menambahkan barang-barang dengan motif dan pola tradisional itu sebagai hiasan dinding yang memperindah ruangan. Selain itu, barang-barang ini akan memberikan ruang dengan karakter yang unik.

5. Pencahayaan alami dan lembut

Pilihlah pencahayaan yang alami dan lembut. Tujuannya jelas yakni untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Anda bisa menggunakan lampu meja dengan nuansa hangat atau lampu gantung untuk memantapkan desain yang sederhana.

Lampu yang demikian itu akan memberikan sentuhan visual yang menarik di ruangan Anda. Selain bisa dinikmati oleh si pemilik rumah, orang lain yang berkunjung ke rumah tersebut akan merasakan suasana yang menyenangkan.

BACA JUGA: OmaHKurasi, Wadah Komunitas dengan Interior Unik

6. Tanaman hijau untuk kesegaran

Di dalam bagian rumah, hendaknya Anda menyediakan tempat. Gunanya untuk meletakkan tanaman hijau atau tanaman hias kecil untuk memberikan kesegaran dan kehidupan dalam ruangan minimalis Anda.

Menyesuaikan konsep, pilihlah pot yang berbentuk sederhana, tak banyak detail, motifnya tidak ramai, dan warnanya netral. Tujuannya tiada lain untuk tetap konsisten dengan gaya ala Korea minimalis.

7. Dekorasi yang sederhana

Gunakan dekorasi yang sederhana. Anda bisa memilih item dekorasi yang memiliki nilai artistik, kemudian tata dengan rapi. Simpan ruang kosong sebanyak mungkin untuk menjaga tampilan ruangan tetap teratur dan lapang.

BACA JUGA: 5 Tanaman Wangi Ini Bikin Semut Ogah Masuk Rumah!

Dengan menggabungkan elemen-elemen diatas, Anda dapat menciptakan ruang interior yang sederhana tapi elegan ala Korea. Gaya ini tidak hanya menonjolkan keindahan minimalis tapi menghormati warisan budaya Korea yang estetika dan tenang. (*)

Artikel ini ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: