Belanda vs Prancis 0-0: Kylian Mbappe Cadangan, Ronald Koeman Tak Terima dengan Keputusan VAR

Belanda vs Prancis 0-0: Kylian Mbappe Cadangan, Ronald Koeman Tak Terima dengan Keputusan VAR

BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Xavi Simons (kiri) merayakan gol di menit ke-67.-Franck Fife-AFP

HAIAN DISWAY - Prancis dan Belanda bermain imbang tanpa gol 0-0 dalam pertandingan Grup D Euro 2024 pada hari Sabtu, 22 Juni 2024. Hasil ini membuat kedua tim semakin dekat untuk lolos ke babak 16 besar, dan sekaligus mengantarkan Polandia menjadi tim pertama yang tersingkir dari turnamen.

Kapten timnas Prancis, Kylian Mbappe, tidak diturunkan dalam pertandingan ini karena cedera patah hidung yang didapatnya pada pertandingan sebelumnya.

Meski tanpa Mbappe, Prancis tetap tampil berbahaya. Namun, Belanda yang tampil solid di bawah mistar gawang Bart Verbruggen mampu menahan gempuran Les Bleus.

Dengan hasil imbang ini, Prancis dan Belanda sama-sama mengoleksi 4 poin. Peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar pun terbuka lebar.

BACA JUGA:Legenda Inggris Angkat Bicara Soal Gol Xavi Simons yang Dianulir: Prancis Beruntung!

BACA JUGA:Duh! Prancis Ompong Tanpa Mbappe, Begini Respons Didier Deschamps

Selanjutnya, Prancis akan berhadapan dengan Polandia. Di sisi lain, Belanda akan bertemu dengan Austria. Kedua pertandingan tersebut akan dihelat pada hari Selasa, 25 Juni 2024.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, kecewa dengan keputusan VAR yang menganulir gol Xavi Simons. "Saya pikir posisi Dumfries offside, tetapi dia tidak mengganggu kiper. Ketika hal itu tidak terjadi, gol tersebut seharusnya sah. Dan Anda membutuhkan waktu lima menit untuk hal ini? Saya tidak memahaminya," ujar Koeman.


BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Simons (kiri) menendang bola ke gawang Prancis, tapi ada Denzel Dumfries (kanan) di belakang bek Prancis.-Antonio Callani -AP via Guardian

Jalannya pertandingan

Belanda dan Prancis bermain cepat sejak awal. Hanya dalam 56 detik, Belanda hampir mencetak gol pertama mereka melalui serangan balik cepat oleh Jeremie Frimpong, namun tendangannya berhasil ditepis oleh kiper Prancis, Mike Maignan.

Pada menit ke-4, giliran Prancis yang mengancam gawang Belanda melalui tendangan Antoine Griezmann dari luar kotak penalti, tetapi kiper Belanda, Bart Verbruggen, berhasil menahannya.

Pertandingan berjalan seimbang dengan kedua tim saling menciptakan peluang. Salah satu peluang terbaik datang dari Cody Gakpo dari Belanda yang tendangannya berhasil ditepis oleh Maignan.

Babak pertama berakhir tanpa gol dengan papan skor tetap 0-0. Di babak kedua, pertandingan tetap sengit dengan kedua tim saling menyerang. Pada menit ke-65, Prancis hampir mencetak gol melalui kerja sama antara Griezmann dan N'Golo Kante, namun tendangan Griezmann berhasil diblok oleh Verbruggen.

Pada menit ke-69, Belanda hampir mencetak gol melalui Memphis Depay, namun tendangannya ditepis oleh Maignan. Xavi Simons kemudian berhasil mencetak gol melalui bola rebound, tetapi dianulir karena Dumfries berada dalam posisi offside.

Prancis tampil lebih agresif setelah lolos dari kebobolan, namun pertahanan rapat Belanda membuat mereka gagal mencetak gol. Hingga akhir pertandingan, skor tetap 0-0 dan kedua tim berbagi angka.

BACA JUGA:Bandel! Kylian Mbappe Terancam Absen Lawan Belanda Gara-Gara Hidung Patah, Malah Cari Ide untuk Ini...

BACA JUGA:Austria vs Prancis 0-1: Mbappe Sampai Patah Hidung, Les Blues Hanya Menang Tipis

Susunan pemain Belanda vs Prancis

Belanda (4-3-3): 1-Bart Verbruggen (GK); 22-Denzel Dumfries, 6-Stefan de Vrij, 4-Virgil van Dijk, 5-Nathan Ake; 24-Jerdy Schouten (16-Joey Veerman 73'), 7-Xavi Simons (8-Georginio Wijnaldum 73'), 14-Tijjani Reijnders; 12-Jeremie Frimpong (2-Lutsharel Geertruida 73'), 10-Memphis Depay (9-Wout Weghorst 79'), 11-Cody Gakpo

Pelatih: Ronald Koeman

Prancis (4-3-3): 16-Mike Maignan (GK); 5-Jules Kounde, 4-Dayot Upamecano, 17-William Saliba, 22-Theo Hernandez; 8-Aurelien Tchouameni, 13-N'Golo Kante, 14-Adrien Rabiot; 11-Ousmane Dembele (20-Kingsley Coman 75'), 15-Marcus Thuram (9-Olivier Giroud 75'), 7-Antoine Griezmann

Pelatih: Didier Deschamps

Statistik Belanda vs Prancis

Tembakan: 8-15

Tembakan ke arah gawang: 4-3

Penguasaan bola: 37%-63%

Akurasi operan: 88%-92%

Kartu kuning: 1-0

Offside: 4-0

Tendangan sudut: 3-6

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: espn