Keutamaan Membaca Surat Al Mulk: 30 Kebaikan, 30 Ampunan, dan 30 Derajat!

Keutamaan Membaca Surat Al Mulk: 30 Kebaikan, 30 Ampunan, dan 30 Derajat!

--X @AbdullahHaffiz3

HAIAN DISWAY - Surat Al Mulk, surat ke-67 dalam Al-Quran, terdiri dari 30 ayat dan termasuk golongan surat Makiyyah yang diturunkan setelah surat At Tur.

Nama "Al Mulk" diambil dari ayat pertama yang berarti kekuasaan atau kerajaan. Surat ini juga dikenal sebagai At Tabaarak yang berarti Maha Suci.

Surat Al Mulk menggambarkan kekuasaan Allah atas langit, bumi, dan seluruh rahasianya.

Membaca dan menghafalkan surat ini secara rutin memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah membela pembacanya pada hari kiamat dan memohonkan keselamatan dari siksa api neraka.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Dewan Pakar Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Dr. (c) Dewi Susilo Budiharjo, S.E., S.H., M.H: Gan En He De

BACA JUGA:10 Makanan dan 5 Aktivitas untuk Turunkan Kolesterol Setelah Iduladha

Keutamaan Membaca Surat Al Mulk

1. Mendapatkan Syafaat: Membaca atau menghafalkan surat Al Mulk akan memberikan syafaat pada hari kiamat. Allah melalui Rasul-Nya akan memberikan pertolongan dan mengampuni dosa-dosa pembacanya.

2. Menaikan Derajat: Allah menetapkan 30 kebaikan, 30 ampunan, dan meningkatkan 30 derajat bagi yang membaca surat ini. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ad Dailami.

3. Disayangi oleh Rasul: Rasul akan menyayangi mereka yang membaca surat Al Mulk. Selain itu, surat ini juga memberikan ketenangan bagi para pembaca dan penghafalnya.

4. Pahala Berlipat: Allah akan melipatgandakan pahala bagi yang rajin membaca surat ini hingga 10 kali lipat bagi yang dikehendaki-Nya.

5. Menjauhkan dari Maksiat: Membaca surat Al Mulk akan menggugah hati untuk menjauh dari perbuatan maksiat dan dosa. Hal ini sesuai dengan ayat 12 dalam surat ini.

6. Pertolongan pada Hari Kiamat: Membaca surat Al Mulk membantu mempersiapkan diri untuk hari kiamat dengan memperbanyak amalan dan mendekatkan diri kepada Allah.

7. Menyelamatkan dari Siksa Kubur: Membaca surat Al Mulk dapat menghindarkan seseorang dari siksa kubur yang pedih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: