10 Makanan dan 5 Aktivitas untuk Turunkan Kolesterol Setelah Iduladha

10 Makanan dan 5 Aktivitas untuk Turunkan Kolesterol Setelah Iduladha

Ini 10 makanan untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Hayo, selama hari raya Iduladha lalu, sudah makan apa saja?

Kebanyakan dari kita hampir pasti menyantap beragam sajian olahan daging kurban. Baik sapi maupun kambing. daging itu seringnya dimasak dengan bumbu-bumbu yang meningkatkan kadar kolesterol.

Ciri-ciri makanan yang tinggi kolesterol sebenarnya cukup mudah dikenali. Biasanya, makanan ini memiliki kandungan lemak tinggi, diolah dengan cara digoreng, atau merupakan makanan siap saji.

BACA JUGA:5 Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Tidak Perengus

Daging merah, seperti sapi, kambing, dan domba, sebenarnya rendah kolesterol. Bahan tambahan seperti santan, susu, dan krim lah yang membuat kolesterolnya naik.

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) pada makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam pembuluh darah yang bisa memengaruhi kesehatan jantung kita. Lalu, bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol tersebut?

Jika sudah terlanjur makan gulai dan tongseng selama Iduladha, ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol. Cara efektifnya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang menetralkan senyawa LDL dalam tubuh kita. Berikut di antaranya.

BACA JUGA:Tidak Hanya Sate dan Gulai, Ini 5 Resep Olahan Daging Kurban yang Mainstream

1. Beras Merah


Ini 10 makanan untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha, beras merah. --ilustrasi

Kaya akan vitamin B, selenium, magnesium, dan fitonutrien, beras merah membantu menurunkan kadar lemak darah. Kandungan seratnya yang tinggi juga efektif dalam mengurangi gula darah.

2. Gandum


Ini 10 makanan untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha, gandum. --ilustrasi

Sebagai sereal bergizi, gandum terkenal karena kemampuannya menurunkan kolesterol berkat seratnya yang tinggi. Serat ini mengubah kolesterol menjadi asam empedu yang kemudian dilepas ke usus halus untuk membantu pencernaan lemak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber