10 Makanan dan 5 Aktivitas untuk Turunkan Kolesterol Setelah Iduladha

10 Makanan dan 5 Aktivitas untuk Turunkan Kolesterol Setelah Iduladha

Ini 10 makanan untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha. --ilustrasi


10 MAKANAN dan 5 aktivitas untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha. Foto: joging rutin setiap hari membantu menurunkan kadar kolesterol. -Pixabay-

Olahraga adalah cara efektif untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal. Selain itu, rutin berolahraga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Untuk menurunkan kolesterol jahat, lakukan olahraga minimal 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu. Jenis olahraga ringan yang direkomendasikan meliputi berjalan kaki, berenang, atau bersepeda.

Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai jenis olahraga yang cocok. Beberapa jenis olahraga mungkin tidak disarankan bagi orang dengan kondisi tertentu.

BACA JUGA:Ramalan Kesehatan Bulan Juni (4) : Hindari Kolesterol dengan Buah dan Sayur

3. Mengelola Stres

Mengelola stres juga penting untuk menurunkan kolesterol. Stres berkepanjangan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat memengaruhi kadar kolesterol.

Kedua hormon ini meningkatkan aliran darah ke otak, memberikan energi lebih besar karena kortisol meningkatkan kadar gula darah. Namun, ini juga meningkatkan produksi trigliserida dan kolesterol dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Jika stres berlarut-larut, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Membatasi Asupan Makanan yang Mengandung Gula dan Lemak Jahat


10 MAKANAN dan 5 aktivitas untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha. Foto: kudapan manis dan mengandung tepung tinggi sebaiknya dihindari. -Igor Ovsyannykov-Pexels

Membatasi asupan makanan manis tidak hanya mengurangi risiko diabetes, tetapi juga menurunkan kolesterol tinggi. Gula berlebih dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Selalu periksa kadar gula pada label makanan atau minuman.

Hindari juga makanan berlemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans) seperti gorengan dan fast food yang menjadi pantangan bagi penderita kolesterol tinggi.

5. Melakukan Pemeriksaan Kolesterol secara Rutin

Menerapkan gaya hidup sehat disertai dengan cek kolesterol rutin akan lebih optimal dalam menurunkan kolesterol. Tes ini membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol yang tidak disadari dan menilai risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber