10 Makanan dan 5 Aktivitas untuk Turunkan Kolesterol Setelah Iduladha

10 Makanan dan 5 Aktivitas untuk Turunkan Kolesterol Setelah Iduladha

Ini 10 makanan untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha. --ilustrasi


Ini 10 makanan untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha, ikan salmon. --ilustrasi

Kaya akan omega-3, ikan salmon membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Hindari penggunaan minyak berlebihan saat memasak agar manfaatnya optimal.

8. Alpukat


Ini 10 makanan untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha, alpukat. --ilustrasi

Mengandung serat, lemak tak jenuh tunggal, dan fitosterol, alpukat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap rendah jika dikonsumsi secara rutin.

9. Beri-Berian

Buah beri memiliki indeks glikemik rendah, sehingga baik untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Stroberi, blueberi, dan blackberry semua memiliki fungsi yang sama. Enak pula. Blackberry ada di supermarket bahan impor.  

10. Bawang Putih


Ini 10 makanan untuk turunkan kolesterol setelah Iduladha, bawang putih. --ilustrasi

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih mengandung alicin yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

BACA JUGA:Seperti Kolesterol, Trigliserida Tinggi Juga Berbahaya

Setelah mengonsumsi makanan-makanan  yang ada di atas, Anda dapat mendampinginya dengan melakukan kegiatan berikut untuk membantu efektivitas penurunan kadar kolesterol.

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol berat badan agar kadar kolesterol tetap normal. Dengan mengendalikan berat badan dalam jangka panjang dapat memengaruhi metabolisme kolesterol tubuh. Berat badan yang ideal membantu meningkatkan penyerapan kolesterol baik (HDL) dan mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL).

2. Rutin Berolahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber