Pemain Badminton Tiongkok Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Saat Tampil di Kejuaraan Asia Yunior di Jogjakarta

Pemain Badminton Tiongkok Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Saat Tampil di Kejuaraan Asia Yunior di Jogjakarta

Pemain Badminton Tiongkok Zhang Zhi Jie meninggal dunia saat tampil di Kejuaraan Asia Yunior di Jogjakarta.--Djarum Badminton

JOGJAKARTA - Kabar duka datang dari Kejuaraan Asia Yunior yang berlangsung di Jogjakarta. Di turnamen itu, pemain tunggal putra Tiongkok, Zhang Zhi Jie, meninggal setelah pingsan saat bermain melawan Jepang.

Kabar duka itu disampaikan Badminton Asia dan PP PBSI dalam rilisnya, Senin 1 Juli 2024.

Dalam rilis itu disebutkan Zhang pingsan di lapangan. Kejadian itu berlangsung saat skor 11-11. Ketika itu Zhang menghadapi pemain Jepang, Kazuma Kawano di GOR Amongrogo, Jogjakarta, Minggu sore.

Tiongkok memang berhadapan dengan Jepang di penyisihan Grup D. Mereka menjadi juara grup setelah menang 3-2.

Dalam tayangan video yang beredar memperlihatkan pada pertandingan tersebut, Zhang mengalami kejang-kejang sebelum pingsan dan dibawa ke rumah sakit.

"Zhang dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Ia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit," tulis rilis Badminton Asia dan PP PBSI.

BACA JUGA:Greysia Polii Luncurkan Buku Biografi 'Menembus Garis Batas: Perjuangan 30 Tahun dan Emas Olimpiade!

Namun nyawa Zhang tak tertolong. Ia dinyatakan meninggal dunia pada Minggu malam, 30 Juni 2024 pukul 23.20 WIB.

Zhang adalah tunggal putra ranking kedelapan dunia yunior. Pada 2024, ia dua kali bertanding dalam turnamen Grand Prix yang merupakan level tertinggi dalam kategori yunior.

Saat itu ia menjadi juara di Belanda dan mencapai final di Jerman pada awal dan pertengahan Maret.

Zhang tampil di Kejuaraan Asia Yunior yang merupakan kejuaraan untuk atlet berusia di bawah 19 tahun (U-19). Kejuaraan Asia Yunior menggunakan format beregu campuran.

BACA JUGA:Siapa Saja Bisa Jadi Ketum PBSI, Asal Memenuhi Syarat Berikut Ini...

Sebelum melawan Jepang, Zhang juga bermain melawan Singapura. Tepat sehari sebelum kejadian. Zhang tak diturunkan hanya ketika Tiongkok berhadapan dengan Hong Kong pada pertandingan pertama Grup D.

Di perempat final, Senin, Tiongkok akan ditantang Taiwan. Pertandingannya digelar mulai pukul 09.00 WIB, bersamaan dengan tiga perempat final lainnya, yaitu Indonesia vs Jepang, Korea Selatan vs Uni Emirat Arab, dan India vs Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: