Hari Bebas Kantong Plastik Internasional 3 Juli: Sejarah, Tujuan, dan Cara Memperingatinya

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional 3 Juli: Sejarah, Tujuan, dan Cara Memperingatinya

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional 3 Juli: sejarah, tujuan dan cara memperingatinya. --Freepik

BACA JUGA:Botol Plastik Berbahaya? Yuk Kenali dan Ketahui Jenis-Jenis dan Bahayanya!

Plastik yang lebih kuat dan lebih apung menunjukkan ketahanan di lingkungan laut, memungkinkannya untuk diangkut dalam jarak yang jauh. Mereka bertahan di permukaan laut saat bergerak lepas pantai, diangkut oleh arus konvergen dan akhirnya terakumulasi di tambalan.


HARI Bebas Kantong Plastik Internasional 3 Juli: sejarah, tujuan, dan cara memperingatinya. Foto: imbauan untuk tidak menggunakan kantong plastik di sebuah toko kelontong di California, AS. -Getty Images via AFP-

Sejarah peringatan Hari Bebas Kantong Plastik tidak terlepas dari peran gerakan Bag Free World. Pada tahun 1997, saat GPGP ditemukan di lautan, bahaya plastik mulai dibahas dalam wacana publik.

Butuh waktu hingga tahun 2002 bagi negara pertama untuk melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Bangladesh menjadi negara pertama yang melembagakan larangan penggunaan plastik sekali pakai setelah menemukan plastik menyumbat saluran air yang memperburuk bencana banjir.

BACA JUGA:Ecobricks, Inovasi Baru Penanganan Limbah Plastik

Seiring waktu, banyak negara mulai mengikuti peraturan pelarangan penggunaan kantong plastik, seperti Rwanda, Afrika Selatan, Australia, Italia, dan Tiongkok.

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional kali pertama dirayakan pada 2008. Penggagasnya adalah Rezero, seorang anggota dari Zero Waste Europe (ZWE).

Setahun kemudian, ZWE menggelar Hari Bebas Kantong Plastik Internasional di Uni Eropa. Kampanye ZWE terus berkembang dan berhasil mendorong beberapa negara untuk mengambil langkah-langkah guna mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Karena itu, 3 Juli ditetapkan sebagai Hari Bebas Kantong Plastik Internasional untuk mengurangi jumlah sampah plastik di dunia dan menyadarkan masyarakat global. Peringatan ini dimulai pada tahun 2016 dengan adanya Gerakan Bebas dari Plastik dan diikuti oleh sekitar 1500 organisasi.

BACA JUGA:Cara Venezia Kurangi Sampah Plastik, Turis Harus Minum dari Air Mancur

Tujuan Peringatan Hari Bebas Kantong Plastik Internasional


Tujuan peringatan Hari Bebas Kantong Plastik Internasional. --Freepik

Hari Bebas Kantong Plastik Internasional yang diperingati setiap 3 Juli memiliki beberapa tujuan penting, yaitu:

1. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Bahaya Kantong Plastik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber