Pesan Jokowi Kepada Para Atlet Kontingen Indonesia di Olimpiade Ke-33 Paris: Tetap Optimis

Pesan Jokowi Kepada Para Atlet Kontingen Indonesia di Olimpiade Ke-33 Paris: Tetap Optimis

Jokowi saat melepas kontingen Indonesia ke Olimpiade ke-33 Paris--Instagram @kemensetneg.ri

HARIAN DISWAY - Bertempat di halaman Istana Merdeka, Jokowi secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade ke-33 Paris pada Rabu, 10 Juli 2024.

Sebanyak 29 atlet Indonesia yang terdiri dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri akan membela Indonesia di 12 cabang olahraga (cabor). Adapun cabor yang diikuti oleh atlet Indonesia adalah bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, selancar ombak, senam, renang, atletik, balap sepeda, dayung, dan judo.

Keseluruhan kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Paris berjumlah 86 orang. Selain atlet, sisanya adalah pelatih, official, dan head quarter.


Indonesia Kirim 29 Atlet di Olimpiade Paris 2024, Menpora Harap Bisa Ukir Sejarah-Kemenpora-

BACA JUGA:Prabowo Hadiri Rilis Jersey Olimpiade Paris 2024: Semoga Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Olimpiade ke-33 Paris akan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Terdapat 182 negara yang bergabung menjadi peserta dalam ajang olahraga paling bergengsi ini. Dalam pelaksanaannya akan ada 32 cabor yang dipertandingkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengungkapkan bahwa kontingen Indonesia telah menyiapkan diri sejak Olimpiade ke-32 Tokyo berakhir. “Kontingen Indonesia telah memulai pelatihan intensif pasca Olimpiade Tokyo 2021 melalui program pemusatan latihan nasional yang berkelanjutan dan tidak terputus,” ungkapnya.

Selanjutnya, secara simbolis Menpora Dito Ariotedjo menyerahkan bendera merah putih kepada Chief of the Mission, Anindya Bakrie.

BACA JUGA:Desainer Didit Hediprasetyo Rancang Apparel Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

Saat memberi sambutan pada kegiatan ini, Jokowi menekankan bahwa atlet Indonesia merupakan atlet pilihan. “Saudara adalah atlet pilihan yang diseleksi secara ketat yang akan tampil di ajang dunia yang bergengsi,” ujarnya.

Jokowi juga menambahkan bahwa para atlet akan menjadi pusat perhatian dunia, sehingga diharapkan untuk mampu memberikan penampilan yang terbaik.

“Harapan kita semuanya semoga berhasil, menang, dan membawa pulang medali. Saya pesan semuanya agar optimis,” kata Jokowi.


Atlet bulu tangkis Jonatan Christie mencium bendera Merah Putih dalam Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Rabu, 10 Juli 2024-Ragil Putri Irmalia-

BACA JUGA:Indonesia Pastikan Kirim 29 Atlet dari 12 Cabor di Olimpiade Paris 2024

Jokowi mengatakan pula bahwa rakyat ingin bendera Indonesia dikibarkan dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena olimpiade. Maka dari itu, rasa optimis atlet saat bertanding harus menjadi dorongan untuk membuat hal tersebut dapat direalisasikan.

Di akhir sambutan, Jokowi turut berpesan untuk para atlet mengharumkan nama Indonesia. “Sekali lagi selamat bertanding dan harumkan nama Indonesia di mata dunia,” pungkasnya.

Dalam kegiatan pelepasan kontingen, hadir pula beberapa pejabat yang mendampingi Jokowi. Antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari.(*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: