Transaksi PaDi capai Rp 13,5 Triliun, Alat Kantor Jadi Barang Yang paling Banyak Dibeli

Transaksi PaDi capai Rp 13,5 Triliun, Alat Kantor Jadi Barang Yang paling Banyak Dibeli

PaDi UMKM Expo di Sarinah mempertemukan UMKM dari seluruh Indonesia dengan tema: "Bersama BUMN Bangun Ekosistem UMKM" berhasil menghasilkan perputaran transaksi bernilai -Jasa Marga/BUMN PaDi Expo-

HARIAN DISWAY - Kementrian Badan Usaha Milik negara (BUMN) mencatat nilai transaksi pada PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 mencapai Rp 13.5 triliun per 2 juli 2024. Transaksi terbanyak terjadi pada produk peralatan kantor.

PaDi UMKM merupakan marketplace yang menyediakan barang dan jasa UMKM lokal. Pembelian barang dan jasa tidak hanya ritel, tapi juga business to business (b2b) antara BUMN dan UMKM. 

BACA JUGA:Yang Membidik Beasiswa APERTI BUMN 2024, Inilah Persyaratan dan Rentang Waktunya, Buruan Mendaftar!

Staf ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementrian BUMN, Loto Srinaita Ginting menjelaskan, nilai transaksi tersebut masih akan bertambah seiring dengan berjalannya kegiatan PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024.

“Angka (transaksi) per 2 Juli 2024, dalam artian sudah keluar invoice bukan hanya sekedar transaksi, itu tercatat rp 13,5 triliun,” Katanya saat konferensi pers di Sarinah, Jakarta, Kamis, 11 Juli.


Staf ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementrian BUMN, Loto Srinaita Ginting saat menghadiri peluncuran PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference Gedung Sarinah, Jakarta--

Dia menambahkan, dari sisi frekuensi, barang/jasa yang paling banyak dibeli dan sewa BUMN diantaranya alat tulis kantor (ATK), catering dan snack, barang elektronik komputer dan peripheral, pengadaan dans ewa peralatan mesin, souvenir dan merchandise.

Lalu pengadaan sewa kendaraan, jasa konstruksi dan renovasi, jasa event organizer (EO), pengadaan dan sewa perlengkapan furniture, serta jasa percetakan dan media.

BACA JUGA:12 BUMN Ini Bakal Gelar RUPS pada Mei 2024, Cek Tanggalnya...

“Dari sisi frekuensi ATK, catering dan snack, barang elektronik komputer dan peripheral, pengadaan dan sewa peralatan mesin, souvenir dan merchandise, pengadaan dan sewa kendaraan, jasa konstruksi dan renovasi, jasa EO, pengadaan dan sewa perlengkapan furniture, jasa percetakan dan media,” kata dia.

Sekedar informasi Kementrian BUMN sedang menyelenggarakan PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 di Sarinah, Jakarta. Acara tersebut berlangsung selama empat hari mulai dari hari Kamis, 11 Juli hingga Minggu, 14 Juli 2024 mendatang dan diikuti UMKM binaan BUMN.

BACA JUGA:Bea Masuk 200 Persen, Zulhas Hasan: Lindungi UMKM Lokal

Loto menargetkan transaksi pada kegiatan PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 bisa melampaui tahun lalu yang mencapai Rp 18,7 miliar.

“Jadi harapannya bisa melewati angka tersebut. Harapannya di 2024 kalau bisa angkanya udah di kepala dua bukan satu lagi,” jelasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: