FA Minta Gareth Southgate Tetap Bersama Timnas Inggris, Ini Responsnya

FA Minta Gareth Southgate Tetap Bersama Timnas Inggris, Ini Responsnya

FA minta Gareth Southgate tetap tangani Timnas Inggris. Foto: Southgate dalam sesi pemotretan di Weimarer Land Golf Resort, Blankenhain, 12 Juli 2024.-Adrian Dennis-AFP

HARIAN DISWAY - Kontrak Gareth Southgate sebagai pelatih timnas Inggris akan berakhir di penghujung tahun ini. Kabarnya, pihak FA (PSSI-nya Inggris) berharap Southgate kembali memimpin Jude Bellingham dkk hingga Piala Dunia 2026.

FA tidak mempedulikan hasil final Euro 2024, saat Inggris jumpa Spanyol nanti. Sumber ESPN menyebut, asosiasi sepak bola Inggris itu akan tetap mempertahankan sang pelatih, sekalipun The Three Lions (sebutan Inggris) hanya menjadi runner-up.

Keputusan FA itu datang setelah pria 53 tahun itu berhasil membawa Bellingham dkk melaju ke final Euro 2024. Meskipun awalnya perjalanan Three Lions tidak sempurna di awal turnamen.

BACA JUGA:Southgate Antar Inggris ke Final Euro 2024: Prestasi Terbaik Karirnya!

Inggris hanya beberapa detik lagi disingkirkan Slovakia di babak 16 besar. Sebelum Jude Bellingham mencetak gol penyeimbang yang menakjubkan pada menit ke-90+5. Dan Harry Kane membawa mereka berbalik unggul di awal perpanjangan waktu.


FA minta Gareth Southgate tetap tangani Timnas Inggris. Foto: Southgate bereaksi ketika Inggris mengalahkan Belanda di semifinal Euro 2024, 10 Juli 2024.-Odd Andersen-AFP

Inggris juga mencatat hasil imbang 0-0 melawan Slovenia di fase grup. Fans melemparkan gelas-gelas bir ke arah Southgate.

Tapi itu masa lalu. Sekarang, publik Inggris mengelu-elukannya. Termasuk FA. Sumber mengatakan kepada ESPN bahwa FA ingin sang pelatih menandatangani kontrak baru untuk Piala Dunia 2026 di Amerika Utara.

Jika deal, maka genap satu dekade Southgate menangani timas Inggris. Ia menggantikan Sam Allardyce pada 2016.

BACA JUGA:Final Euro 2024: Spanyol Waspada, Inggris Ingin Pecahkan Kutukan!

BACA JUGA:Kronologi Penalti Kontroversial Inggris Lawan Belanda

Seburuk apa pun permainan Inggris, harus diakui bahwa Southgate sukses. Ia membawa The Three Lions mencapai final Euro dua kali beruntun. Dan ini yang kali pertama terjadi di luar negeri. Pada Euro 2020 yang digelar pada 2021, final digeber di Wembley, London.

Selain itu, di Piala Dunia, ia membawa Harry Kane dkk ke semifinal edisi 2018, lalu perempat final edisi 2022. Southgate mencatat prestasi yang lebih kompetitif dibandingkan gabungan semua manajer Inggris lainnya sejak 1966.

"Aku sangat menjunjung tinggi Gareth. Menurutku ia telah melakukan pekerjaan yang fenomenal," kata ketua eksekutif FA Mark Bullingham kepada ESPN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: espn