Gagal Juara, Ini Kata Harry Kane Tentang Masa Depan Gareth Southgate di Timnas Inggris

Gagal Juara, Ini Kata Harry Kane Tentang Masa Depan Gareth Southgate di Timnas Inggris

GAGAL juara, ini kata Harry Kane tentang masa depan Gareth Southgate di Timnas Inggris. Foto: Gareth Southgate melintasi trofi Euro. -Javier Soriano-AFP

HARIAN DISWAY - Football is not coming home. Inggris gagal menjadi juara Euro 2024 setelah dikalahkan Spanyol 1-2 dalam final yang digelar di Olympiastadion, Berlin, 15 Juli 2024 dini hari WIB.

Dua gol Spanyol dicetak oleh Nico Williams dan Mikel Oyarzabal pada menit ke-47 dan 86. Sedangkan Inggris memperkecil ketinggalan lewat Cole Palmer pada menit ke-73.

"Spanyol tampil sangat brilian sepanjang turnamen. Semua orang bisa melihat apa yang telah mereka lakukan selama Euro 2024, jadi, selamat untuk Spanyol," kata Cole Palmer kepada ITV Sport.

BACA JUGA:Rating Pemain Spanyol vs Inggris: Nico Williams Tertinggi, Lamine Yamal Berapa?

"Kami kembali mencapai final, dua kali beruntun. Banyak hal positif yang kami petik. Tapi kami semua, jujur saja, ingin melangkah lebih jauh daripada sekadar final. Jadi, kami kecewa," imbuhnya dengan wajah datar.


Gagal Juara, Ini Kata Harry Kane Tentang Masa Depan Gareth Southgate di Timnas Inggris. Foto: Cole Palmer merayakan golnya ke gawang Spanyol.-Tom Jenkins-Guardian

Gareth Southgate resmi menjadi pelatih yang back-to-back membawa Inggris ke final Euro. Yakni pada 2020 dan 2024. Tapi back-to-back juga gagal menjadi juara. Alhasil, pelatih 53 tahun itu kembali menuai kritik dari para penggemar sepak bola Inggris.

Padahal, ia sempat dipuji-puji karena berhasil membawa Harry Kane dkk ke partai puncak. Namun, taktiknya dianggap tidak berkembang dari saat fase grup. Di mana mereka hanya membukukan satu kemenangan.

BACA JUGA:Hasil Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris: Dua Rekor Matador!

BACA JUGA:Melepaskan Kutukan 58 Tahun Inggris: Tekad Baja Southgate dan Kane di Final Euro 2024

Kegagalan taktiknya semakin jelas terlihat saat melawan Spanyol di final. Para pemain Inggris tidak dibiarkan menguasai bola oleh Rodri dkk. La Furia Roja (sebutan Spanyol) mendominasi permainan dengan 63 persen penguasaan bola.

Mereka membukukan 545 operan dengan akurasi 89%. Sementara Inggris hanya mampu membuat 294 operan dengan akurasi 77%. Jomplang banget.

Melihat kekalahan itu, suara-suara sumbang tentang masa depan Gareth Southgate di timnas Inggris kembali terdengar. Fans menuntutnya mengundurkan diri dari jabatan pelatih timnas.

BACA JUGA:Statistik Final Euro 2024: Perjalanan Impresif Spanyol vs Keberuntungan Inggris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bbc