Buntut Temui Presiden Israel, Zen Maarif Terancam Dijatuhi Sanksi Oleh UNUSIA

Buntut Temui Presiden Israel, Zen Maarif Terancam Dijatuhi Sanksi Oleh UNUSIA

Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) akan menggelar sidang kode etik terhadap Zen Maarif-NU Online-

HARIAN DISWAY - Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta memutuskan akan menggelar sidang etik terhadap Zainul Maarif selaku dosen di sana.

Sidang tersebut menanggapi pertemuan Zen, sapaan Zainul Ma'arif dengan Presiden Israel Isaac Herzog beberapa waktu lalu.

Diketahui bahwa Zen Maarif merupakan salah satu pengajar Unusia di bidang filsafat.

Namanya tengah ramai diperbincangkan karena ia sudah memutuskan untuk menemui Presiden Israel bersama 4 tokoh Nahdliyin lainnya.

Mengetahui hal tersebut, pihak kampus akan mengundang Zen untuk menghadiri sidang etik. Akan tetapi, terkait kapan jadwal pastinya masih belum diinformasikan lebih lanjut.

"Unusia akan menggelar sidang etik terhadap Saudara Zainul Maarif untuk mempertanggung jawabkan aktivitas yang bersangkutan mengingat kunjungan tersebut berdampak langsung bagi reputasi Unusia dan bertentangan dengan dengan nilai-nilai yang dianut oleh Unusia," ungkap Kepala Biro Humas Unusia Dwi Putri dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 16 Juli 2024.

BACA JUGA:Trending! Nahdlatul Ulama Diplesetkan Jadi Netanyahu United Gara-Gara Foto Bareng 5 Kader NU Dengan Presiden Israel

BACA JUGA:Bikin Heboh! 5 Tokoh NU dan Pimpinan Jemaah Yahudi Temui Presiden Israel

Mengingat Zen Maarif—bagian anggota keluarga besar Unusia—ternyata ikut di dalam rombongan Nahdliyin yang menemui Presiden Israel, maka hal tersebut juga berdampak pada nama kampus Unusia.

Sama dengan respons yang diberikan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), pihak kampus yang berlokasi di Menteng, Jakarta ini mengaku bahwa mereka tak ada kaitannya dengan pertemuan tersebut.

"⁠P⁠ertemuan Saudara Zainul Maarif dengan Presiden Israel adalah aktivitas individual dan tidak memiliki keterkaitan apapun dengan Unusia sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Perkumpulan Nahdlatul Ulama yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia," terang pihak kampus.

Kembali sejalan dengan prinsip yang dipegang teguh oleh Nahdlatul Ulama (NU) yang sebenarnya, Unusia juga berada di dalam barisan pihak pendukung kemerdekaan Palestina.

Mereka turut menolak dan mengecam tindakan Israel yang dinilai sudah tergolong sebagai genosida kepada warga Palestina yang masih berlangsung hingga saat ini.

Selain menemui Presiden Israel Isaac Herzog, Zen juga mengunggah foto pertemuan itu di akun Instagram pribadinya @zenmaarif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu online