Ahmad Dhani Tak Mau Ikut Pilwali Surabaya, Gerindra Ajukan Dua Kader Internal

Ahmad Dhani Tak Mau Ikut Pilwali Surabaya, Gerindra Ajukan Dua Kader Internal

Calon Legislatif DPR RI Dapil Jawa Timur 1 Ahmad Dhani Prasetyo memberikan pidato sambutannya di acara "Konser Indonesia Maju" yang digelar di Lapangan Bok Abang, Banyu Urip Kidul, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 21 Januari 2024 sore. -Julian Romadhon/Harian Disway-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DSIWAY - Musisi kondang Ahmad Dhani santer disebut dalam bursa bakal calon wali kota (bacawali) di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Surabaya 2024. Bahkan, hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), kader Partai Gerindra itu sukses menempati posisi kedua. 

Survei tersebut dirilis pada akhir Mei 2024, melibatkan 1.000 responden dengan metode stratified multistage random sampling. Hasilnya, bacawali petahana Eri Cahyadi menempati posisi teratas dengan 37,8 persen. 

Sedangkan, Ahmad Dhani menempel dengan 15,7 persen. Lalu posisi ketiga ditempati kader Partai Golkar, Bayu Airlangga dengan 14,6 persen. 

ARCI juga membuat simulasi pasangan calon yang digadang-gadang bakal bertarung di Pilwali Kota Surabaya 2024. Yakni antara pasangan petahana Eri Cahyadi-Armuji yang menjadi representasi PKB dan PDIP, melawan Ahmad Dhani-Bayu Airlangga sebagai representasi dukungan Golkar dan Gerindra.


Musisi Ahmad Dhani ikut dalam Kampanye Akbar Indonesia Maju di Lapangan Kebraon, Surabaya, Minggu, 4 Februari 2024. -Dokumentasi Pribadi-

BACA JUGA:Di Pilwali 2020 Cuma 54 %, KPU Surabaya Ingin Tingkatkan Partisipasi Jadi 75 % di Pilkada 2024

BACA JUGA:Susul Eri Cahyadi, Bayu Airlangga Dapat Surat Tugas PSI Maju Pilwali Surabaya: Langsung dari Kaesang!

Hasilnya, Eri-Armuji unggul di angka 39,7 persen dan Dhani-Bayu di angka 28,2 persen. Artinya, meski bukan di urutan pertama, Ahmad Dhani memiliki potensi untuk bersaing melawan pasangan petahana Eri-Armuji.

Namun, wacana Ahmad Dhani untuk maju sebagai calon pemimpin Surabaya nampaknya memang berakhir. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Surabaya. Bahwa pentolan grup musik Dewa19 itu tidak masuk dalam daftar nama yang diusulkan ke Pilwali Surabaya 2024

Sebelumnya, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut nama Ahmad Dhani sebagai salah satu kader Gerindra yang akan diusulkan dalam Pilkada serentak. Hal itu pun dibenarkan oleh Sekretaris DPC Gerindra Surabaya Bahtiyar Rifai. 

BACA JUGA:Spanduk Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Maju Pilwali Surabaya Menjamur, Sinyal Maju?

BACA JUGA:Pilwali Surabaya: TKN Fanta Dukung Bos Kebab Baba Rafi

“Tetapi, dalam perkembangannya, sepengetahuan kami yang bersangkutan tidak bersedia dicalonkan karena beliau fokus di DPR RI,” ujar Bahtiyar di Surabaya, Selasa, 16 Juli 2024. Kendati demikian, DPC Partai Gerindra Surabaya telah mengusulkan nama bacawali Surabaya ke DPD Partai Gerindra Jatim untuk diteruskan ke DPP Partai Gerindra. 

Dalam usulan tersebut, ada dua nama yang sudah tak asing di telinga masyarakat. Yakni anggota DPRD Jawa Timur Hadi Dediansyah dan Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony. Sementara nama Ahmad Dhani tidak tercantum karena lebih dulu menyatakan tidak bersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: