Survei ARCI: Elektabilitas Eri-Armuji Masih Tak Tertandingi, Hendy Setiono Merangkak Naik

Survei ARCI: Elektabilitas Eri-Armuji Masih Tak Tertandingi, Hendy Setiono Merangkak Naik

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (batik) dan Bos Baba Rafi Hendy Setiono.-Novia Herawati-Harian Disway -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lembaga Survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) baru saja merilis peta elektabilitas Pemilihan Wali Kota (Pilwali) SURABAYA 2024.

Sederet nama politikus hingga musisi pun mewarnai bursa bakal calon wali kota (bacawali) dalam survei kali ini. Mereka digadang-gadang berpotensi menantang pasangan petahana Eri Cahyadi dan Armuji.

Survei yang digelar periode 1-12 Juli 2024 itu menunjukkan terjadi tren elektabilitas yang menarik di antara para calon. 

BACA JUGA:Survey ARCI Elektabilitas Eri-Armuji dan Ahmad Dhani-Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya 2024

Dalam kategori calon wali kota, Eri Cahyadi menempati posisi teratas dengan elektabilitas 41,2 persen. Kemudian disusul Bayu Airlangga di urutan kedua dengan 19,5 persen dan Ahmad Dhani dengan 13,7 persen.

Yang signifikan adalah elektabilitas Hendy Setiono. Bos Baba Rafi itu berada di posisi empat dengan 9,1 persen. Baru disusul putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan 7,9 persen. 

Sementara dalam kategori calon wakil wali kota, Armuji memimpin dengan 34,2 persen. Disusul Bayu Airlangga di urutan kedua dengan 29,1 persen. 

Lalu, posisi tiga ditempati oleh Hendy Setiono dengan 15,6 persen. Hadi Dediansyah menempel dengan 9,5 persen dan Fuad Benardi dengan 5,3 persen. 


Eri Cahyadi-Hendy Setiono dalam survei ARCI 2024.-Dokumentasi pribadi.-

Menurut Direktur ARCI Baihaki Sirajt, figur Hendy Setiono bisa menjadi opsi tengah yang menjanjikan. Sebab, dalam dua bulan terakhir, elektabilitasnya meningkat secara signifikan.

"Manuver Hendy di Surabaya dengan memasang banyak baliho mulai mengerek angka elektabilitasnya," ujar Baihaki di Surabaya, Rabu, 17 Juli 2024.

"Hendy bisa jadi cawawali opsional untuk KIM (Koalisi Indonesia Maju), jika Eri Cahyadi pecah kongsi dengan Armuji," imbuhnya.

BACA JUGA:Ahmad Dhani Tak Mau Ikut Pilwali Surabaya, Gerindra Ajukan Dua Kader Internal

Dalam kesempatan ini, ARCI juga mengukur elektabilitas pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Hasilnya, pasangan petahana Eri-Armuji unggul dengan 47,2 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: