17 Juli: Menilik Sejarah dana Fakta Hari Integrasi Timor Timur

17 Juli: Menilik Sejarah dana Fakta Hari Integrasi Timor Timur

Menilik sejarah Hari Integrasi Timor Timur 17 Juli dan fakta-faktanya. -Fretilin(DPA)-Media Indonesia

Pada 30 Agustus 1999, rakyat Timor Timur memilih merdeka dari Indonesia, dengan lebih dari 78 persen suara mendukung kemerdekaan.

Hasil referendum ini diikuti oleh gelombang kekerasan oleh milisi pro-Indonesia yang tidak menerima hasil tersebut, menyebabkan kerusakan besar dan korban jiwa.

BACA JUGA:Hari Kelautan Nasional 2 Juli: Sejarah, Tujuan, dan Cara Memperingatinya

5. Intervensi Internasional

Kekerasan pasca-referendum mendorong intervensi internasional melalui pasukan penjaga perdamaian yang dipimpin oleh Australia di bawah mandat PBB.

Misi ini dikenal sebagai INTERFET (International Force for East Timor), yang berhasil memulihkan ketertiban dan keamanan di Timor Timur.

Setelah kekerasan mereda, PBB mendirikan UNTAET (United Nations Transitional Administration in East Timor) untuk mengelola transisi menuju kemerdekaan penuh, membangun institusi pemerintahan, infrastruktur, dan sistem hukum yang diperlukan.

6. Kemerdekaan Penuh

Pada 20 Mei 2002, Timor Timur secara resmi menjadi negara merdeka dengan nama Republik Demokratik Timor Leste.

Upacara kemerdekaan ini dihadiri banyak pemimpin dunia, menandai akhir dari masa transisi yang panjang dan penuh tantangan.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan ekonomi dan sosial, Timor Leste terus berupaya membangun dirinya sebagai negara yang stabil dan demokratis.

7. Hubungan Bilateral dengan Indonesia

Hubungan bilateral antara Timor Leste dan Indonesia terus membaik, dengan kedua negara bekerja sama dalam berbagai bidang untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi rakyat mereka.

Meskipun masa lalu dipenuhi konflik, kedua negara kini berusaha membangun hubungan yang saling menguntungkan.

BACA JUGA:Hari Parlemen Internasional 30 Juni: Sejarah, Tema dan Tujuan Peringatannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: