Hari Kelautan Nasional 2 Juli: Sejarah, Tujuan, dan Cara Memperingatinya

Hari Kelautan Nasional 2 Juli: Sejarah, Tujuan, dan Cara Memperingatinya

HARI Kelautan Nasional 2 Juli: sejarah, tujuan, dan cara memperingatinya. Foto: Penyelam menjelajahi taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.-Romeo Gacad-AFP

HARIAN DISWAY - Setiap 2 Juli, Indonesia memperingati Hari Kelautan Nasional. Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lautan kita.

Lautan Indonesia adalah salah satu aset paling berharga yang kita miliki. Selain sebagai sumber pangan, laut juga menyediakan lapangan pekerjaan, pariwisata, sumber daya alam, dan berbagai manfaat lainnya yang penting bagi kehidupan dan perekonomian kita.

Lalu, apa sejarah di balik peringatan Hari Kelautan Nasional tersebut? Simak informasinya berikut ini.

BACA JUGA:Hari Parlemen Internasional 30 Juni: Sejarah, Tema dan Tujuan Peringatannya


Hari Kelautan Nasional 2 Juli: sejarah, tujuan dan cara memperingatinya. --Freepik

Sejarah Hari Kelautan Nasional

Pentingnya peranan laut bagi kehidupan masyarakat Indonesia menjadi salah satu alasan munculnya peringatan Hari Kelautan Nasional di Indonesia, yang dimulai sejak 1972.

Peringatan ini hadir di era kepemimpinan Presiden Soeharto. Melalui Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1972, 2 Juli ditetapkan sebagai hari istimewa untuk laut Indonesia. Sejak itu, Hari Kelautan Nasional dirayakan setiap tahun, agar menjadi pengingat akan peran penting laut bagi bangsa.

Peringatan ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian laut dan pesisir pantai.

BACA JUGA:Hari Konvensi Bonn 23 Juni: Sejarah dan Tujuan Peringatannya

BACA JUGA:Peringatan Hari Musik Sedunia 21 Juni: Sejarah, Fakta Menarik dan Cara Memperingatinya

Selain itu, Hari Kelautan Nasional juga menjadi kesempatan untuk menghargai para pahlawan angkatan laut yang telah berjuang untuk mempertahankan dan memajukan sektor kemaritiman Indonesia.

Berbagai kegiatan biasanya dilakukan dalam rangka peringatan Hari Kelautan Nasional. Termasuk penegakan hukum maritim, pengawasan terhadap aktivitas perikanan ilegal, dan kampanye pengurangan polusi laut.

Hari Kelautan Nasional juga menjadi momentum untuk mempromosikan pariwisata bahari dan memperkenalkan potensi ekonomi kelautan Indonesia yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber