Hari Kelautan Nasional 2 Juli: Sejarah, Tujuan, dan Cara Memperingatinya

Hari Kelautan Nasional 2 Juli: Sejarah, Tujuan, dan Cara Memperingatinya

HARI Kelautan Nasional 2 Juli: sejarah, tujuan, dan cara memperingatinya. Foto: Penyelam menjelajahi taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.-Romeo Gacad-AFP

BACA JUGA:Hari Dermaga Nasional 17 Juni: Sejarah, Fungsi dan Jenis-jenis Dermaga

Tujuan Peringatan Hari Kelautan Nasional


Tujuan peringatan Hari Kelautan Nasional 2 Juli. --Freepik

Hari Kelautan Nasional (HKN) memiliki beberapa tujuan utama. Berikut di antaranya.

1. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Laut

Laut Indonesia memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, baik sebagai sumber makanan, sumber daya alam, maupun penunjang ekonomi. HKN bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang kekayaan laut Indonesia dan mendorong mereka untuk ikut serta dalam menjaga kelestariannya.

2. Mendorong Pengelolaan Laut yang Berkelanjutan

Laut Indonesia menghadapi berbagai ancaman, seperti pencemaran, eksploitasi berlebihan, dan perubahan iklim. Oleh karena itu, HKN hadir bertujuan untuk mempromosikan pengelolaan laut yang berkelanjutan, yang menyeimbangkan antara pemanfaatan dan pelestarian.

BACA JUGA:Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN 15 Juni: Sejarah, Tema, Cara Pencegahan DBD

3. Menghargai Jasa Para Pahlawan Laut

Para pahlawan laut telah berjasa dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia dan memajukan sektor kemaritiman. HKN menjadi momen untuk mengenang dan menghargai pengorbanan mereka.

4. Meningkatkan Potensi Ekonomi Kelautan

Laut Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, namun belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Untuk itu, peringatan ini memiliki tujuan untuk mendorong pengembangan ekonomi kelautan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat.

5. Memperkuat Persatuan Bangsa

Laut Indonesia mempersatukan seluruh wilayah nusantara. Kehadiran peringatan ini menjadi momen untuk memperkuat persatuan bangsa dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber