KDMI Sudah Sampai di Final, Timothy: Apresiasi Kerja Keras Semua Panitia

KDMI Sudah Sampai di Final, Timothy: Apresiasi Kerja Keras Semua Panitia

Ketua Steering Committee KDMI 2024 UC Timothy Joshua saat ditemui Harian Disway, Sabtu 20 Juli 2024-Michael Fredy Yacob-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 di Universitas Ciputra (UC) sebentar lagi selesai. Sudah masuk babak final. Pertandingan antar kampus ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan pusat prestasi nasional (Puspresnas).

Ketua Steering Committee (SC) KDMI 2024 UC Timothy Joshua mengapresiasi semua kerja keras panitia. Mereka bekerja sejak awal terbentuk pada Februari 2024 lalu hingga sekarang. Ia mengakui, ini adalah momen pertamanya menangani pertandingan sebesar KDMI. Pesertanya tidak hanya wilayah Surabaya atau Jatim. Tapi seluruh Indonesia.

“Ini pengalaman luar biasa buat saya dan adik-adik saya. Ternyata kita semua mampu sampai di titik ini. Pembelajaran terbesar bagi kami. Ini juga pertama kali UC diberikan kepercayaan jadi tuan rumah KDMI,” katanya kepada Harian Disway, Sabtu 20 Juli 2024.

BACA JUGA: KDMI 2024 Sudah 16 Besar Divisi A dan 8 Besar Divisi B

Bersyukur, timnya dibantu oleh tim KDMI dari Kemendikbud Ristek: Andre Chandra dan tim. Tetapi, ia mengakui, hal terberat adalah mencari tim kepanitiaan. Sebab, event ini diadakan di tengah libur semester. Banyak mahasiswa yang pulang kampung.

“Tapi, akhirnya mereka berhasil dikumpulkan. Masalah kembali muncul saat satu bulan sebelum acara. Banyak detail dan teknis-teknis yang harus kita persiapkan. Kekompakan teman-teman panitia, akhirnya bisa menyelesaikan semua permasalahan tadi. Sampai saat ini sih aman,” ucapnya.

Walau tetap masih ada beberapa kendala yang dialami dalam jalannya pertandingan debat itu. Seperti kendala jaringan internet, penggunaan kamera dan kendala teknis lainnya. Namun, Besok adalah hari terakhir kegiatan itu dilaksanakan. Alumni psikologi 2019 ini pun kembali membakar semangat semua panitia.  "Saya apresiasi semua kerja keras panitia," katanya lagi.

Sehingga dapat mempersiapkan sisa acara hingga peserta pulang, Senin 22 Juli 2024 nanti. Pertandingan final besok untuk divisi A akan dimulai pukul 12.30 sampai 14.30 WIB. Sementara untuk divisi B akan dimulai pukul 14.30 sampai 16.30 WIB. Lalu malamnya dilanjut penutupan di Ciputra Hall. (*)

BACA JUGA: KDMI 2024 di Universitas Ciputra: Akreditasi Juri, Tantangan dan Pembelajaran

Tim yang lolos hingga ke final diantaranya:

Divisi A

  1. Universitas Telkom Jakarta
  2. Universitas Hasanudin Makassar
  3. Universitas Diponegoro 
  4. Universitas Airlangga

Divisi B

  1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
  2. Universitas Sabda Setia
  3. Universitas Nusa Cendana
  4. Universitas Negeri Medan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: