Semangat Gotong Royong, Pemkot Surabaya Optimistis Koperasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Semangat Gotong Royong, Pemkot Surabaya Optimistis Koperasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Foto bersama perwakilan 28 koperasi penerima penghargaan, bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.-Sahirol Layeli-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bagi Pemerintah Kota (Pemkot) SURABAYA, peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 ini, bukan menjadi momentum perayaan semata.

Melainkan sebagai gambaran semangat gotong royong dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di Kota Pahlawan. Hal itu dikatakan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

"Bagaimana dengan koperasi ini, kita bergerak untuk mengurangi kemiskinan di Kota Surabaya," ujar Eri dalam sambutannya di acara puncak Harkopnas di halaman Balai Kota Surabaya, Sabtu, 20 Juli 2024.

BACA JUGA:Koperasi Milenial Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Berbasis Teknologi

Menurutnya, koperasi memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Bahkan bisa dikatakan, koperasi merupakan tulang punggung dari ekonomi mikro dan menengah di Kota Pahlawan.

Terbukti, pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya mengungguli rata-rata nasional dengan lebih dari 113 ribu Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah dikeluarkan Pemkot Surabaya.

"Kita terus memotivasi UMKM untuk membuat NIB, kita mendata UMKM supaya inovasi mereka bisa kita fasilitasi," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, sebagai langkah strategis, Pemkot Surabaya juga melakukan penandatanganan nota kesepakatan sinergi (NKS), dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI.

Tujuan kesepakatan ini positif. Memfasilitasi para pelaku koperasi dan usaha kecil menengah (UMKM). Khususnya dalam hal memperluas jangkauan pasar.

"Kerjasama ini memungkinkan UMKM yang terdaftar untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di luar kota, sementara pemerintah akan terus memantau kegiatan koperasi guna menjaga stabilitas harga," tambahnya.

"Salah satu contohnya kalau ada kegiatan di tempat lain, UMKM kita akan diikutsertakan di sana. Pemerintah juga akan terus memantau kegiatan koperasi sebagai upaya mencegah inflasi," ucap Eri.


Penandatangan nota kesepakatan sinergi antara Pemerintah Kota Surabaya, yang diwakili oleh Wali Kota Eri Cahyadi, dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI yang diwakili oleh Sekretaris Menteri Arif Rahman Hakim.-Sahirol Layeli-Harian Disway-

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Kota Surabaya, mendapat respon positif dari Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim

Ia berharap Pemkot bisa mempertahankan capaian ini. Dengan begitu, ekosistem koperasi dan UMKM di Surabaya bisa berdampak pada kesejahteraan warganya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: