Pembangunan IKN Terkendala Cuaca, Kemenhub Usir Hujan dengan Empat Pesawat TMC

Pembangunan IKN Terkendala Cuaca, Kemenhub Usir Hujan dengan Empat Pesawat TMC

Progres pembangunan IKN terkendala cuaca.--Humas Otorita IKN

HARIAN DISWAY - Persiapan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengumpulkan semua menteri pada Kamis, 25 Juli 2024. Tentu untuk membahas progresnya.

“Kami diundang rapat oleh Bapak Presiden. Kami berusaha sesuai dengan rencana untuk 17 Agustus,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditanya wartawan di Jakarta, Minggu, 21 Juli 2024.

Ia mengaku pembangunan di IKN saat ini masih terkendala cuaca. Hujan deras mengguyur hampir setiap hari. Semua pekerja terpaksa berhenti.

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke-79, Satgas Infrastruktur IKN Pastikan Kesiapan Akses Jalan dan Air Bersih

BACA JUGA:Guest House sampai Asrama Haji Disiapkan untuk Sambut Tamu di Momen HUT Ke-79 RI di IKN

Budi tak menampik adanya persoalan tersebut. Bahkan, imbuhnya, para pekerja hanya bisa beroperasi delapan hari dalam sebulan. Otomatis target harian juga ikut molor jelang Upacara HUT ke-79 RI di IKN.

Pihaknya tak tinggal diam. Belakangan telah dikerahkan empat pesawat milik TNI. Yakni untuk memodifikasi cuaca dan mengondisikan udara di IKN. “Tetapi, masih hujan juga. Kami tetap berusaha, hari-hari kami akan evaluasi," kata Budi. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan hal yang sama. Konstruksi landasan pacu (runway) Bandara VVIP di IKN terkendala masalah cuaca. Padahal, sudah masuk tahap pengaspalan.

BACA JUGA:Sunnu Wahyudi dan Livenia Evelyn Mewakili Kaltim Jadi Paskibraka Pertama di IKN

BACA JUGA:IKN Dalam Tahap Pengisian Infrastruktur, Gaet UMKM Lokal Untuk Mengisi Kawasan Perdagangan

“Karena kalau pengaspalan tidak boleh terganggu hujan, untuk pemadatannya,” tutur Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga.

Namun, berbeda dengan pengerjaan jalan bebas hambatan atau tol dari Kota Balikpapan menuju IKN. Rata-rata progresnya sudah mencapai 90 persen. Baik tol sesi 3A, 3B, dan 5A. 

“Awal yang difungsikan satu jalur dengan masing-masing tiga lajur dan dua lajur digunakan menuju Kota Nusantara,” tambahnya. Tentu, ditargetkan bisa fungsional sebelum 17 Agustus 2024.

BACA JUGA:Investor Diberi HGU di IKN hingga 1,9 Abad, Begini Alasan Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: