Guest House sampai Asrama Haji Disiapkan untuk Sambut Tamu di Momen HUT Ke-79 RI di IKN

Guest House sampai Asrama Haji Disiapkan untuk Sambut Tamu di Momen HUT Ke-79 RI di IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam tahap pembangunan.-tangkapan layar-

HARIAN DISWAY - Penginapan menjadi salah satu akomodasi yang paling dicari jelang upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Balikpapan dan Samarinda menjadi 2 kota yang disiapkan untuk memenuhi akomodasi peserta dan penyelenggara upacara. Kesiapan soal ini dipaparkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni.

Sri berkesempatan menyampaikan progres tersebut dalam konferensi pers bertajuk “Kesiapan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Masyarakat Lokal dalam Menyambut Pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan di IKN” pada Kamis, 18 Juli 2024.

Secara keseluruhan, ia menyatakan bahwa tingkat okupansi hotel di Balikpapan dan Samarinda tinggi. “Saat ini dengan kegiatan yang ada di 2 kota ini (Balikpapan dan Samarinda) membuat hotel-hotel penuh. Jadi kalau ada kegiatan yang tiba-tiba itu pasti kesulitan mencari kamar,” ujarnya.


Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni--Kominfo

BACA JUGA:Sunnu Wahyudi dan Livenia Evelyn Mewakili Kaltim Jadi Paskibraka Pertama di IKN

Namun, terkait dengan persiapan untuk upacara HUT RI, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkot Balikpapan dan Samarinda. Hal ini guna memenuhi seluruh kebutuhan penginapan baik peserta maupun penyelenggara upacara.

“Terkait dengan ini kita sudah koordinasi dengan Pemkot Balikpapan dan Samarinda untuk list akomodasi yang bisa digunakan oleh tamu atau para pihak yang nanti membutuhkan akomodasi saat 17 Agustus,” ungkapnya.
Tidak hanya hotel, mulai dari guest house hingga asrama haji akan disiapkan guna keperluan penginapan. Sri juga mengklaim bahwa tingginya okupansi hotel di Balikpapan dan Samarinda saat ini mencapai 90%.

“Saya pikir 90% ya, bisa dikatakan demikian khususnya Balikpapan,” katanya. Hal ini didorong hadirnya IKN yang membuat banyak kegiatan kementerian dan lembaga negara diselenggarakan di IKN.


Menhub Budi Karya Sumadi meninjau progress pembangunan bandara IKN di Penajam Paser Utara, Kaltim-Kemenhub-

BACA JUGA:Persiapan HUT RI di IKN, Sekda: Tidak Semua Warga Kaltim Bisa Hadir Langsung

BACA JUGA:IKN Dalam Tahap Pengisian Infrastruktur, Gaet UMKM Lokal Untuk Mengisi Kawasan Perdagangan

Bahkan di 2022, jauh sebelum upacara HUT RI ke-79, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat Balikpapan sebagai kota dengan okupansi hotel tertinggi.

Tingginya mobilisasi yang akan terjadi di IKN akibat pelaksanaan HUT RI memunculkan potensi perputaran roda perekonomian yang dapat terjadi di Kaltim. Mengenai hal ini, pemprov mendorong UMKM untuk bisa memanfaatkan peluang tersebut.

“Kita dorong pihak hotel untuk menyiapkan sudut-sudut untuk memfasilitasi UMKM kita. Jadi produk oleh-oleh itu bisa didapat di hotel untuk mempermudah tamu yg datang. Di samping pusat oleh-oleh yang ada di Balikpapan dan Samarinda,” ujar Sri.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: