Mengulang Keajaiban: Sasis Karbon KTM dan Kejayaan Dani Pedrosa di San Marino 2023

Mengulang Keajaiban: Sasis Karbon KTM dan Kejayaan Dani Pedrosa di San Marino 2023

Dani Pedrosa, test rider tim pabrikan KTM, mengejutkan banyak pihak dengan penampilannya di MotoGP Seri ke-13 di Sirkuit San Marino 2023-motogp-

HARIAN DISWAY - Dani Pedrosa, test rider tim pabrikan KTM, mengejutkan banyak pihak dengan penampilannya di MotoGP Seri ke-13 di Sirkuit San Marino, Italia, pada 10 September 2023.

Pedrosa mengendarai motor RC-16 seri 2023, yang dilengkapi sasis karbon, dan berhasil finis ke-4 di San Marino. Selisihnya hanya 669 milidetik dari Francesco Bagnaia yang naik podium ke-3 dengan motor Ducati Desmosedici GP-23.

Sehari setelah balapan, Pedrosa melakukan tes seharian di sirkuit yang sama untuk mengumpulkan data kendaraan saat dipacu maksimal di lintasan. Setelah itu, KTM resmi menggunakan sasis berbahan karbon, dan Brad Binder berhasil finis ke-4 di seri India.

BACA JUGA: Marc Marquez Pindah ke Ducati Corse Beri Efek Domino di MotoGP

BACA JUGA:Yamaha Hadapi Tantangan Besar di Seri ke-10 MotoGP Silverstone

Namun, motor KTM harus terlempar dari lima besar di dua seri berikutnya (GP Jepang dan GP Indonesia). Di GP Australia, Binder kembali finis ke-4, dan akhirnya meraih podium pertamanya di musim 2023 dengan finis ke-3 di GP Thailand.


Tim GasGas Tech3 rilis livery motor KTM RC16-Foto/MotoGP-

Binder kembali terlempar dari lima besar di GP Malaysia, tetapi berhasil finis ke-5 di GP Qatar dan menutup musim 2023 dengan finis ke-3 di Sirkuit Valencia, Spanyol.

Perubahan mendasar di musim 2023 adalah penggunaan sasis karbon, yang meskipun bukan teknologi baru, telah memberikan perubahan signifikan pada performa motor RC-16 seri 2023.

Sasis karbon membuat motor KTM tidak lagi terlihat gambot, terutama pada titik tumpuan antara sasis dan swing arm. Perubahan kecil lainnya adalah penggantian triple clamp yang terlihat lebih tipis dari sebelumnya.

Sasis bukan sesuatu yang sangat dikendalikan oleh regulasi teknik di MotoGP, sehingga penggunaan sasis karbon sah-sah saja, asalkan ada dana yang cukup untuk riset. Untuk menciptakan fleksibilitas sasis karbon, diperlukan riset material yang sesuai dengan karakter pembalap.

BACA JUGA:Resmi! Dorna Luncurkan Jadwal Resmi MotoGP 2024 dan Jadwal Live Streaming di Trans7

Sasis dari serat karbon biasanya memiliki sifat yang cukup solid dan kaku, memberikan feedback yang lebih baik tentang apa yang terjadi antara roda, ban, suspensi, dan koneksinya dengan aspal sirkuit.

MotoGP 2024, KTM masih mempertahankan sasis karbon dan diperkuat oleh pembalap yang sama seperti musim sebelumnya, Jack Miller dan Brad Binder. Tim satelit Tech3 GASGAS Factory Racing juga mendampingi riset motor, diisi oleh Augusto Fernandez dan Pedro Acosta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: