Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Jiwa Raden Saleh Karya Didit Hadiprasetyo Temani Kontingen Indonesia Lintasi Sungai Seine

Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Jiwa Raden Saleh Karya Didit Hadiprasetyo Temani Kontingen Indonesia Lintasi Sungai Seine

Pakaian Kontingen Indonesia dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang dirancang oleh desainer Didit Hediprasetyo-Komite Olimpiade Indonesia-

HARIAN DISWAY - Kontingen Indonesia akan memakai beskap dan kebaya kutu baru dalam parade di Sungai Seine, Paris. Mereka mengikuti upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, pada Jumat, 26 Juli 2024 waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Terdapat 14 atlet dan ofisial yang mengikuti parade tersebut. Di antaranya tiga atlet: Maryam March Maharani (judo) bertugas sebagai pembawa bendera, Bernard Van Aert (balap sepeda), dan Azzahra Permatahani dan Joe Aditya (renang).

Busana laki-laki-laki terbuat dari washed-out denim dengan inspirasi dari jaket biker yang berpadu dengan beskap, yang merupakan jas tradisional khas Jawa.

Untuk bawahannya menggunakan celana panjang warna putih agar atlet bisa bergerak aktif. Busana laki-laki tersebut dilengkapi blangkon dan emblem merah putih di lengan kanan.

BACA JUGA:Elegan! Kostum Defile Indonesia Terinspirasi Raden Saleh di Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024


Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Jiwa Raden Saleh Karya Didit Hadiprasetyo Temani Kontingen Indonesia Lintasi Sungai Seine. Potret seragam defile kontingen Indonesia di Olimpiade Paris [email protected]

Busana perempuan menggunakan atasan berupa kebaya kutu baru warna merah. Kebaya tersebut dipadukan dengan jumpsuit warna putih. Perpaduan itu menampilkan kesan sporty dan elegan.

Dalam keterangan resminya pada Jumat, 26 Juli 2024, desainer Didit Hediprasetyo terinspirasi dari Raden Saleh. Sosok tersebut meruakan pionir pelukis beraliran romantisme yang berasal dari Jawa.

Karya Raden Saleh, yang berasal dari Jawa Tengah, telah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19. Itu mencerminkan kebangkitan bangsa di kancah internasional. Karya-karya Raden Saleh juga menghiasi dinding Rijksmuseum (Belanda) dan Louvre (Prancis).

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024: Srikandi Panahan Indonesia Masuk 10 Besar!

Didit berharap setiap atlet yang mengenakan rancangannya bisa menampilkan yang terbaik saat berkompetisi di Olimpiade Paris 2024.

“Saya begitu bersyukur dapat merancang seragam resmi parade pembukaan untuk para atlet yang mewakili Indonesia di Olimpiade 2024 di Paris. Saya berharap desain saya bisa menjadi wujud kebanggan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita,” ujar pria bernama lengkap Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo itu. (Ragil Putri Irmalia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: