Deodorant vs Antiperspirant, Mana yang Lebih Efisien Menghilangkan Bau?

Deodorant vs Antiperspirant, Mana yang Lebih Efisien Menghilangkan Bau?

Mengatasi bau badan dengan menggunakan deodorant dan antiperspirant. --Pinterest

HARIAN DISWAY – Pernah bingung memilih antara deodorant dan antiperspirant? Kedua produk itu sering dianggap sama. Padahal memiliki fungsi yang berbeda. Mana yang lebih efektif dalam mengatasi masalah bau badan?

Deodorant bekerja dengan cara menutupi atau menetralkan bau badan. Produk itu mengandung zat antibakteri yang membunuh bakteri penyebab bau pada keringat. Deodorant tidak menghentikan produksi keringat. Melainkan mengubah kondisi lingkungan di area ketiak menjadi kurang kondusif bagi pertumbuhan bakteri.


Deodorant vs Antiperspirant, Mana yang Lebih Efisien Menghilangkan Bau? Berdasarkan penelitian saat ini, antiperspirant dan deodorant dianggap aman digunakan dalam jangka waktu lama asalkan cara pakainya tepat. --Pinterest

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Cegah Bau Badan Saat Cuaca Panas

Deodorant cocok untuk orang yang tidak memiliki keringat berlebih dan lebih mengutamakan penghilangan bau.

Sedangkan antiperspirant berfungsi mengurangi produksi keringat. Produk itu mengandung senyawa aluminium yang sementara waktu menyumbat pori-pori kelenjar keringat.

Antiperspirant mengandung bahan aktif alumunium klorohidrat yang berfungsi untuk menghambat fungsi kelenjar keringat. Sehingga produksi keringat berkurang dan kita merasa lebih kering dalam jangka waktu sekitar 1-2 hari. 

BACA JUGA:5 Deodoran Alami Atasi Bau Badan

Dengan mengurangi produksi keringat, antiperspirant secara tidak langsung juga mengurangi bau badan. Karena bakteri penyebab bau tidak memiliki media untuk berkembang biak.

Antiperspirant sangat efektif untuk mengatasi keringat berlebih dan cocok untuk aktivitas fisik yang berat.

Namun, antiperspirant tidak mampu mengatasi bau badan yang menyengat. Sehingga Anda tetap membutuhkan deodorant jika tidak ingin bau di area sekitar ketiak.

BACA JUGA:5 Tips Menghilangkan Bau pada Pakaian

Mana yang Lebih Efisien Menghilangkan Bau?

Jawabannya tergantung pada penyebab utama bau badan Anda. Bau badan yang disebabkan oleh bakteri, dapat diselesaikan dengan menggunakan deodorant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: