10 Cara Efektif untuk Meningkatkan IQ

10 Cara Efektif untuk Meningkatkan IQ

10 Cara Efektif untuk Mengasah Kecerdasan IQ Anda--pinterest

HARIAN DISWAY - IQ (Intelligence Quotient) sering dianggap sebagai indikator kecerdasan seseorang. Meskipun IQ bukanlah satu-satunya penentu kesuksesan, meningkatkan kecerdasan tetap menjadi tujuan banyak orang.

Dalam skala yang umum dipakai, yang disebut IQ tinggi adalah yang mencapai 130 ke atas. Sebutannya jenius atau very superior. Di bawah itu, 120-129 dianggap di atas rara-rata (superior). Dan di bawahnya, 110-119, disebut rata-rata tinggi (high average).

Nah rata-rata orang memiliki IQ 90 sampai 109. Di bawah itu, 80-90, dianggap rata-rata rendah. Dan di bawahnya lagi, 70-79 disebut batas fungsi intelektual. Di bawah itu, bisa dikategorikan mengalami disabilitas intelektual.

BACA JUGA:Jadi Prodi Baru di Untag, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Difokuskan pada Penerapan AI

Anda pernah mengikuti tes IQ dan tergolong kurang tinggi? Jangan khawatir. Itu bukan vonis mutlak. Kita bisa meningkatkan kecerdasan dan mengerek IQ.

Berikut 10 cara efektif untuk mengasah dan meningkatkan IQ Anda:

1. Belajar Hal Baru Secara Teratur


10 cara efektif untuk meningkatkan IQ, salah satunya belajar instrumen musik.-Karolina Grabowska -Pexels

Belajar hal baru ini bisa apa saja. Namun, bahasa dan musik lebih efektif untuk meningkatkan kecerdasan. Belajar bahasa baru memaksa otak untuk membentuk koneksi baru, meningkatkan kemampuan kognitif dan fleksibilitas mental.

Sedangkan bermain instrumen musik melibatkan banyak bagian otak. Termasuk memori, koordinasi, dan kreativitas, sehingga dapat meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan.

Coba hobi baru. Kegiatan baru merangsang otak untuk berpikir di luar kebiasaan, membuka jalan bagi inovasi dan adaptabilitas yang lebih baik.

BACA JUGA:Suka University War? Ini 5 Variety Show Korea yang Menantang Kecerdasan

BACA JUGA:Maskapai Lirik Kecerdasan Buatan, Pilot Lebih Butuh Asisten Kecerdasan

2. Baca Buku Secara Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber