Jadi Prodi Baru di Untag, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Difokuskan pada Penerapan AI

Jadi Prodi Baru di Untag, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Difokuskan pada Penerapan AI

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembangkan keilmuan dengan pembukaan Program Studi (Prodi) baru yakni Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan tahun akademik 2024/2025. --Untag

HARIAN DISWAY - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembangkan keilmuan dengan pembukaan Program Studi (Prodi) baru yakni Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan tahun akademik 2024/2025.

Kepala Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Bagus Hardiansyah menyampaikan, fokus dari prodi ini adalah penerapan Artificial Intelligence (AI) baik secara umum maupun spesifik seperti domain kesehatan serta memajukan teknologi kesehatan. 

“Jadi pada penerapannya, para mahasiswa akan mempelajari ilmu dasar sains seperti matematika dan fisika, ilmu komputer, mekatronik, elektronika, sistem kendali, desain robot, penerapan robotika, dan integrasi kecerdasan buatan dalam sistem robot,” jelas Bagus. 

BACA JUGA: Gandeng Paris Lodron Universitat Salzburg Austria, Untag Surabaya Bahas Iklim Media di Indonesia yang Lebih Percaya Media Sosial

Meskipun masih terhitung prodi baru, prodi ini telah memiliki akreditasi Baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Oleh karena itu, Bagus melanjutkan, mahasiswa tak perlu merisaukan prospek lulusan nantinya.  

“Karena kami sudah mendapatkan akreditasi Baik, kami yakin melalui durasi studi selama delapan semester para mahasiswa memiliki banyak beberapa kesempatan karir. Seperti menjadi Tenaga Ahli Robotika, Tenaga Ahli Kecerdasan Buatan, Ahli Otomasi Industri, dan Konsultan,” ujar Bagus.

Bagas menambahkan, prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan tidak mensyaratkan calon mahasiswa harus berasal dari jurusan IPA atau IPS atau bahkan dari madrasah. Nantinya seluruh mahasiswa akan mempelajari materi dari dasar pada awal semester. 

BACA JUGA: Aplikasi Prediksi Cuaca Jangka Panjang untuk Sukseskan Pembangunan Infrastruktur Ini Bikinan Mahasiswa Untag Surabaya

Mahasiswa juga mendapatkan berbagai fasilitas perkuliahan seperti akses perpustakaan, 87 laboratorium dan spot wifi di berbagai area. Ditambah lagi, mahasiswa juga dapat melakukan cek kesehatan melalui fasilitas poliklinik serta konsultasi psikologi yang telah  disediakan.

Sebagai informasi, Untag membuka jalur inden untuk siswa kelas XII, dengan potongan DPP 40 persen hingga 30 April mendatang. Sedangkan untuk jalur reguler telah dibuka pada April hingga Juni 2024 dengan potongan DPP sebesar 20 persen.

Selain itu, Untag juga memberikan potongan formular sebesar 50 persen khusus di hari hari besar. Apabila ingin melakukan pelayanan secara luring, maka bisa langsung mendatangi Gedung R Ing Soekonjono di lantai 1, pada hari Senin sampai Jumat pukul 07.30 - 15.30 WIB. 

BACA JUGA: Dinamika Politik Indonesia Buat Gerah Untag Surabaya: Negara Ini Bukan Milik Sekelompok Orang

Informasi mengenai proses pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi Untag Surabaya https://pmb.untag-sby.ac.id/ dan pertanyaan bisa dikirimkan melalui Hotline WhatsApp S1 PMB Untag Surabaya 0811 300 1716. (Hayu Anindya Azzahra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: untag