Agenda Lengkap Bulan Kemerdekaan 2024, Transisi Kepindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN

Agenda Lengkap Bulan Kemerdekaan 2024, Transisi Kepindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN

Mensetneg Pratikno dalam konferensi pers Bulan Kemerdekaan RI 2024 di Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2024.-YouTube Sekretariat Presiden-

HARIAN DISWAY - Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno mengungkapkan bahwa bulan kemerdekaan tahun 2024 akan menjadi momen yang paling istimewa dalam sejarah Indonesia. 

Upacara perayaan kemerdekaan akan digelar di dua lokasi, yaitu di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Temanya Nusantara Baru Indonesia Maju, sudah dirilis pada 24 Juni.

“Perayaan ini tidak hanya menandai peringatan hari kemerdekaan tetapi juga simbol transisi kepindahan ibu kota dan keberlanjutan pemerintahan yang baru,” ungkapnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2024.

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke-79, Satgas Infrastruktur IKN Pastikan Kesiapan Akses Jalan dan Air Bersih

BACA JUGA:1.000 Warga Kaltim Diundang Upacara 17 Agustus di IKN

Berikut Rangkaian Acara Bulan Kemerdekaan

1. Dzikir Kebangsaan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kata Pratikno, rangkaian acara bulan kemerdekaan akan dibuka dengan Dzikir Kebangsaan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

“Acaranya nanti petang. Dihadiri oleh para ulama dan pemimpin agama dengan total peserta mencapai 3.000 orang,” jelasnya.

Selanjutnya, terdapat berbagai kegiatan lain yang menjadi bagian dari rangkaian peringatan kemerdekaan ini.

2. Pengukuhan Paskibraka

Kemudian digelar upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di IKN akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Upacara ini menjadi salah satu simbol persiapan puncak perayaan kemerdekaan.

3. Penganugerahan Tanda Kehormatan 

Upacara Penganugerahan Tanda kehormatan akan digelar di Istana Negara Jakarta. Upacara ini merupakan bentuk penghargaan negara kepada individu atau pihak yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi bangsa dan negara.

4. Pidato Kenegaraan dan Penyampaian RAPBN

Pidato kenegaraan serta penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) dan nota keuangan akan disampaikan di Gedung Nusantara DPR/DPD, IKN.

5. Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: