Petinju Imane Khelif Ternyata Bukan Transgender, Berikut Riwayat Masa Kecilnya

Petinju Imane Khelif Ternyata Bukan Transgender, Berikut Riwayat Masa Kecilnya

Imane Khelif (merah) melawan petinju Italia Angela Carini di cabor tinju kelas 66kg pada ajang Olimpiade 2024 di North Paris Arena, Villepinte, 1 Agustus 2024.-MOHD RASFAN-AFP

Dalam pernyataannya, IOC menegaskan bahwa setiap atlet memiliki hak untuk berkompetisi tanpa diskriminasi dan bahwa semua atlet yang tampil di Olimpiade Paris 2024 telah memenuhi syarat yang ditetapkan.

IOC juga menjelaskan bahwa jenis kelamin dan usia atlet didasarkan pada dokumen resmi mereka, seperti paspor.

Atlet 25 tahun itu pun sempat didiskualifikasi dari Kejuaraan Tinju Dunia Wanita 2023 di New Delhi, India. Lantaran ditemukan kadar testosteron yang tinggi dalam tubuhnya.

Ia tak sendiri, ada Lin Yu-Ting, petinju asal Taiwan yang juga didiskualifikasi dengan alasan yang sama.

Sementara itu Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengizinkan Khelif untuk berkompetisi dengan syarat bahwa ia mematuhi semua persyaratan medis yang diperlukan.

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024: Jonatan Christie Kandas, CdM Anindya Bakrie: Musuhnya Memang Bagus...

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024: Mengecewakan! Jonatan Christie Gagal Lolos ke 16 Besar, Ada Apa?

IOC menegaskan bahwa Khelif adalah seorang perempuan menurut paspornya, dan permasalahan ini bukanlah isu transgender.

Pernyataan IOC menyebutkan bahwa Khelif dan atlet lain dengan kondisi yang sama, Lin Yu Ting, telah berkompetisi dalam kategori wanita selama bertahun-tahun.

Keputusan IBA untuk mendiskualifikasi mereka sebelumnya adalah hasil dari kesalahan informasi dan keputusan yang tiba-tiba. 

"Menjelang akhir Kejuaraan Dunia IBA pada tahun 2023, mereka tiba-tiba didiskualifikasi tanpa proses yang semestinya," kata IOC.

"Menurut notulen IBA yang tersedia di situs web mereka, keputusan ini awalnya diambil sendiri oleh Sekretaris Jenderal dan CEO IBA," jelasnya seperti yang dilansir The Independent.

IOC mengatakan bahwa aturan kelayakan didasarkan pada aturan Olimpiade Tokyo pada tahun 2020 dan tidak dapat diubah selama kompetisi berlangsung. Imane Khelif sebelumnya juga ikut bertanding di olimpiade tersebut.

BACA JUGA:Gregoria Mariska Hadapi Ratchanok Intanon di Perempatfinal Olimpiade Paris

BACA JUGA:Profil Lakshya Sen, Pemain India yang Taklukkan Jonatan Christie di Olimpiade Paris 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: The Independent