Profil Gus Kikin, Ketua PWNU Jatim 2024 - 2029

Profil Gus Kikin, Ketua PWNU Jatim 2024 - 2029

Ketua Terpilih PWNU Jawa Timur KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin - Gus Kikin Terpilih pada Sidang Pleno V Konferwil NU Ke-18 di Universitas Asyari Jombang pada Sabtu, 3 Agustus 2024-nu online jatim-

“Jadi apapun sebetulnya yang paling utama di kami, di dalam NU, itu adalah bagaimana kita membangun ukhuwah. Itu adalah semangat kebangsaan dan kemudian kebersamaan, guyub, persatuan,” ungkapnya setelah pembukaan Konferwil ke-18 NU pada 2 Agustus 2024.

Sebelum menjadi ketua PWNU Jatim dan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Gus Kikin pernah menjabat sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Kediri sekaligus menjadi penjabat (Pj) ketua PWNU Jatim sejak Januari 2024 lalu.

BACA JUGA:Masa Kepengurusan PWNU Jatim Diperpanjang, Ini 3 Poin Instruksi PBNU ke PWNU Jatim

BACA JUGA:Nusron Wahid Tepis Tuduhan Pansus Haji Untuk Menyerang PBNU: Ini Urusan DPR Dengan Menag

Silsilah Keluarga

Anda sudah tahu, Gus Kikin merupakan putra dari almarhum KH Mahfudz Anwar dan Nyai Abidah Ma’shum. Dari nasab jalur ibunya, Gus Kikin tersambung dengan Nyai Khoiriyah Hasyim yang merupakan putri sulung KH Hasyim Asy’ari. 

Nyai Khoiriyah Hasyim kemudian diperistri oleh KH Ma’shum Ali, seorang ahli falah dari Gresik dan pengarang kitab Amtsilah Tasrifiyah yang juga sebagai kakak kandung KH Adlan Ali Cukir.

Nasab jalur ayah Gus Kikin tersambung dengan KH Anwar bin Alwi tokoh agama pendiri Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang di Jombang. Gus Kikin juga masih menjadi adik sepupu dari KH Anwar Manshur yang terpilih bersamanya menjadi Rais Syuriah PWNU Jatim 2024-2029.

BACA JUGA:Komunitas Nusa Bangsa Datangi PWNU Jatim, Tanyakan Kader NU di Pilpres 2024

KH Anwar Manshur menjadi pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. Sedangkan Gus Kikin dipercaya untuk menjadi pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng untuk meneruskan perjuangan KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Sebagai menantu dari KH Wahid Hasyim, tokoh besar NU yang pernah menjabat sebagai ketua umum PBNU pada tahun 1951, Gus Kikin siap untuk melanjutkan perjuangan untuk mengasuh Pondok Pesantren Tebuireng dan menjadi ketua PWNU Jatim hingga masa baktinya berakhir.

BACA JUGA:PWNU Jatim Apresiasi Penangkapan Pelaku Ujaran Kebencian Terhadap Muhammadiyah

Melanjutkan Kiprah Pondok Pesantren Tebuireng


Gapura Gerbang Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur - Pesantren Tebuireng Kini telah memiliki 15 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia-NU Online Jombang

Selama dipimpin oleh Gus Sholah, Pondok Pesantren Tebuireng telah memiliki 15 cabang di seluruh Indonesia. Kini, giliran Gus Kikin yang akan melanjutkan kiprah itu agar dapat mencakup wilayah Indonesia lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tebuireng.online