Revitalisasi Museum Surabaya, Ada Patung Gombloh!

Revitalisasi Museum Surabaya, Ada Patung Gombloh!

Revitalisasi Museum Surabaya, Ada Patung Gombloh! Eri Cahyadi menyerahkan tumpeng kepada Remy Wicaksono (kiri), putra musisi Gombloh, saat peresmian Revitalisasi Museum Surabaya.-Martinus Ikrar Raditya-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Museum Surabaya yang terletak di Jalan Tunjungan, Surabaya, telah usai direvitalisasi. Peresmian Revitalisasi Museum Surabaya tersebut dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, pada 6 Agustus 2024.

Di halaman samping museum tampak berjajar beberapa koleksi terbaru. Salah satunya adalah patung perunggu Gombloh. Ya, sosok musisi legendaris yang besar di Surabaya itu telah dibuatkan patung oleh para seniman Surabaya.

Patung itu telah dibuat sejak akhir dekade '90an. Dulu ditempatkan di Kampoeng Seni Surabaya, belakang Hi-Tech Mall. Pemkot Surabaya sempat menyimpan patung itu dan ditempatkan di ruang penyimpanan Museum Sepuluh November Surabaya.

BACA JUGA:Museum Surabaya Siola Dibuka Kembali pada Akhir Juli 2024


Revitalisasi Museum Surabaya, Ada Patung Gombloh! Eri Cahyadi melihat patung Gombloh yang ditempatkan di ruang kaca, sisi samping Museum Surabaya.-Martinus Ikrar Raditya-HARIAN DISWAY

Di situ, patung tersebut diperbaiki dan disempurnakan. Hingga patung itu secara resmi ditempatkan di ruang Museum Surabaya. Bersama koleksi piano dan gitar yang dulu pernah digunakan Gombloh semasa hidup.

Di sisi kiri ruang pajang itu, terdapat beberapa kaset Gombloh dengan lirik lagu Kugadaikan Cintaku. Sedangkan di sisi kanan terdapat periodisasi riwayat hidup Gombloh. Mulai dari kelahiran, masa keemasan, hingga wafatnya.

Dalam sambutan, Eri menyebut bahwa museum memiliki posisi penting untuk mengembangkan wawasan masyarakat. Terutama para pelajar. "Khususnya terkait sejarah Surabaya. Dalam museum ini ada banyak informasi seputar Kota Surabaya. Dari masa ke masa. Mulai dari sejarah berdirinya Surabaya, masa kolonial hingga masa kemerdekaan," ungkapnya.

BACA JUGA:Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (20): Museum Olahraga Surabaya Mengedukasi Sejarah Olahraga


Revitalisasi Museum Surabaya, Ada Patung Gombloh! Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjajal fitur Museum Surabaya melalui perangkat digital saat acara Revitalisasi Museum Surabaya, pada 6 Agustus 2024.-Martinus Ikrar Raditya-HARIAN DISWAY

Eri pun memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Yusuf Masruh untuk menyiapkan kendaraan tur bagi para pelajar. "Setiap hari Sabtu para siswa bisa diajak mengunjungi museum. Termasuk Museum Surabaya ini. Juga ke tempat-tempat bersejarah di Surabaya," ungkapnya.

"Minggu depan sudah harus ada jadwalnya. Rencana ini harus berjalan. Supaya anak-anak tahu sejarah kota dan tokoh-tokoh yang ada di dalamnya. Anak-anak Indonesia, juga anak Surabaya, harus punya jiwa kebangsaan," katanya.

Yusuf pun mengangguk dan tersenyum. "Kalau minggu depan belum ada jadwalnya, Pak Kadispendik nanti saya tempatkan di Museum Surabaya sampai pensiun," guraunya. 

BACA JUGA:Keseruan Museum Date yang Tren Dilakukan Para Pasangan Muda Masa Kini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: