Prabowo dan Subiyanto

Prabowo dan Subiyanto

ILUSTRASI Prabowo dan Subiyanto.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

BERBAGAI cara Prabowo Subianto, presiden terpilih, memberikan kode siapa-siapa yang akan menjadi pembantunya di pemerintahan mendatang. Ini salah satunya. 

”Ini harus berpasangan terus ini. Kapolri dan panglima TNI. Karena kalau namanya digabung, sama dengan nama presiden terpilih,” kelakar Prabowo Subianto yang mewakili presiden di sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tentu saja guyon bernada ”kode” itu membuat seisi ruangan tertawa sembari tepuk tangan panjang. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang disorot kamera terlihat senyum-senyum. Begitu juga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang duduk di sebelah kapolri.

BACA JUGA: Indonesia Raih 2 Medali Emas: Jokowi Siapkan Bonus, Prabowo Sampaikan Kebanggaan

BACA JUGA: Prabowo Kirim 40 Nakes TNI ke Mesir dan Gaza

Pandai juga Prabowo membuat suasana cair. Nama belakang kapolri (Prabowo) dan nama belakang panglima TNI  (Subiyanto) kalau digabung menjadi nama Prabowo Subiyanto. Sangat mirip Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024. ”Tapi, ini bukan rekayasa, lho,’’ sambung Prabowo yang tetap membuat riuh.

Apakah itu clue Prabowo untuk mempertahankan dua pucuk elite TNI dan Polri itu. Secara usia, Kapolri Prabowo sekarang 55 tahun. Pensiun tiga tahun lagi. Panglima Subiyanto 57 tahun, bisa lanjut satu tahun lagi. Sebab, usia pensiun Polri-TNI 58 tahun. 

Bila revisi UU TNI dan UU Polri yang  kini sedang diutak-atik anggota DPR bisa lolos, umur pensiun TNI-Polri 60 tahun. Masa dinas mereka pun makin panjang. Kapolri Sigit Prabowo, bila terus diperpanjang, lima tahun lagi pensiun, bisa satu periode pemerintahan Prabowo.

BACA JUGA: Prabowo Usai Melawat ke Eropa, Sekjen Gerindra: Inilah The New Soekarno

BACA JUGA: Partai Koalisi Pendukung Prabowo-Gibran Mulai Retak

Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Jenderal Agus Subiyanto dikenal sebagai ”Geng Solo”. Sejumlah media menjuluki begitu. Itu karena mereka teman lama Jokowi. 

Saat Jokowi menjadi wali kota Solo, Sigit Prabowo yang saat itu bepangkat AKBP menjabat kapolresta Solo (2011). Agus Subiyanto juga menjadi dandim Solo (2009–2011) di era Wali Kota Jokowi. 

Nah, saat Jokowi menjabat presiden di periode kedua, karier dua jenderal itu melesat. Sigit Prabowo jadi ajudan, Agus Subiyanto menjabat komandan Paspampres. Kemudian, keduanya mencapai puncak karier sebagai kapolri dan panglima TNI. Melompati beberapa seniornya.

BACA JUGA: Tingkatkan Kerja Sama Pariwisata, Prabowo Dorong Penerbangan Langsung Rusia-Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: