Panik! Peringatan Gempa Dahsyat Bikin Warga Jepang Timbun Bahan Pokok

Panik! Peringatan Gempa Dahsyat Bikin Warga Jepang Timbun Bahan Pokok

Panik! Peringatan Gempa Dahsyat Bikin Warga Jepang Timbun Bahan Pokok. PEKERJA SUPERMARKET di Tokyo membawa kotak air minum untuk dipajang di rak. Mereka membatasi pembeli.-Philip Fong-AFP-

’’Hal itu semakin menyulitkan warga untuk mendapatkan informasi yang benar mengenai gempa,’’ kata stasiun NHK dalam siarannya.

BACA JUGA : Gempa Jepang Picu Tsunami, Berkekuatan Magnitudo 7,4

Jepang memang terletak di atas empat lempeng tektonik utama. Negara itu mengalami sekitar 1.500 gempa setiap tahun. Sebagian besar berskala kecil.

Pada 1 Januari 2024, gempa berkekuatan 7,6 magnitudo dan gempa susulan kuat menghantam Semenanjung Noto di pesisir Laut Jepang. Korban tewas sebanyak 318 orang.

Ilmuwan gempa Jepang menyatakan bahwa negara tersebut harus bersiap untuk kemungkinan terjadinya megaquake suatu hari nanti yang bisa menewaskan ratusan ribu orang. Tetapi, mereka menekankan bahwa peringatan tersebut bukan berarti gempa dahsyat akan segera terjadi.


Panik! Peringatan Gempa Dahsyat Bikin Warga Jepang Timbun Bahan Pokok. MELEPAS BALON KE UDARA, pada 11 Maret 2024, warga Natori, Prefektur Miyagi, ini memperingati 13 tahun gempa sebesar 9 magnitudo yang menimbulkan tsunami dan bencana nuklir di Fukushima-Jiji Press via AFP-

Dalam peringatan megaquake terbaru, Badan Meterologi Jepang juga menulis bahwa ada potensi guncangan kuat dan tsunami raksasa. ’’Tetapi ini bukan indikasi bahwa gempa besar pasti akan terjadi dalam periode waktu tertentu yang bisa diramalkan."

Pemerintah Jepang mengingatkan masyarakat yang tinggal di zona rawan gempa untuk mengambil langkah-langkah pencegahan umum. Mulai mengamankan perabotan hingga mengetahui lokasi tempat evakuasi terdekat. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: