Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Profil Tiga Desa yang Lolos dari Kabupaten Jember

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Profil Tiga Desa yang Lolos dari Kabupaten Jember

Pembersihan sampah di Pantai oleh Desa Pontang--

HARIAN DISWAY - Proses penyeleksian Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 telah selesai dilaksanakan per-hari Selasa, 6 Agustus 2024. Sebanyak 190 peserta yang dikirim dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, telah diseleksi menjadi 114 desa/kelurahan. Dari tiap kota/kabupaten diambil tiga desa dengan sinergitas bhabinkamtibmas, babinsa, dan kepala desa/kelurahan terbaik di daerahnya.

Kabupaten Jember adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur yang mengikuti ajang bergengsi ini. Terkenal dengan sebutan Kota Bunga, Jember memiliki pesona alam yang menakjubkan, terutama perkebunan bunga yang luas. Selain itu, Jember juga kaya akan budaya, sejarah, dan potensi wisata lainnya. Inilah profil tiga desa lolos seleksi dalam ajang penghargaan APJW II 2024 dari Kabupaten Jember.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Data Dampak Judi Online Sangat Mengejutkan

Desa Pontang, Kecamatan Ambulu yang dipimpin oleh Kepala Desa Sugiharno, Babinsa Serka Guntur, dan Bhabinkamtibmas Aiptu Wahyudi ini menunjukkan sinergitas antar tiga pilar dan masyarakatnya melalui pengawasan melekat terkait distribusi pupuk bersubsidi bagi para petaninya. Selain itu, tiga pilar juga mengadakan penyuluhan antisipasi gagal panen kepada petani semangka dan juga pencegahan penyebaran virus hewan ternak kepada masyarakatnya.


Pelestarian Kebudayaan 'Jathilan' di Desa Wonosari--

Desa Wonosari, Kecamatan Puger juga menjadi salah satu desa yang lolos dalam seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Jember. Desa ini dipimpin oleh Kepala Desa Hadi Purwono, Babinsa Serda Juhana, serta Bhabinkamtibmas Briptu Abdul Wahid. Kolaborasi Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan perangkat desa Wonosari telah secara optimal melaksanakan pembinaan keamanan, pembangunan, pelayanan publik, serta sinergi antar lembaga dengan berbagai kegiatan seperti pembinaan Siskamling, penanganan masalah sosial, peningkatan kapasitas kader posyandu, sosialisasi hukum, dan melibatkan aktif masyarakat dalam mengatasi permasalahan desa, sehingga tercipta kondisi desa yang aman, damai, dan sejahtera.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Hari ini Workshop 114 Desa Terpilih


Aspek Komunikasi yang Dilakukan Secara Langsung oleh Bhabinkamtibmas Desa Panti Kepada petani--

Desa Panti, Kecamatan Panti yang dipimpin oleh Kepala Desa Suroso, Babinsa Serma Sugiarto, dan Bhabinkamtibmas Bripka Joanes Sugianto ini telah berhasil membangun sinergi yang kuat dalam berbagai aspek, mulai dari pembinaan keamanan, pelayanan publik, hingga implementasi program nasional, melibatkan seluruh elemen masyarakat dan lembaga desa, sehingga tercipta kondisi desa yang aman, kondusif, dan sejahtera.

*) Artikel ini ditulis oleh Elsa Amalia Kartika Putri, Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Mahasiswa Magang Regular Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: