Fitch Turunkan Peringkat Kredit Israel Akibat Perang Tak Berkesudahan

Fitch Turunkan Peringkat Kredit Israel Akibat Perang Tak Berkesudahan

Prancis, 26-04-2024. Ilustrasi, lembaga pemeringkat keuangan, Fitch Ratings dan kisi peringkat di layar. Dikethui bahwa Fitch pada Senin, 12 Agustus 2024 telah menurunkan status kredit Israel.-Jean-Marc Barrere / Hans Lucas -AFP

Fitch Ratings, Moody’s Investors Service, dan Standard & Poor’s (S&P) Global Ratings memang terkenal sebagai lembaga pemeringkat kredit yang menjadi favorit di masyarakat dunia.

Sebelumnya, dua lembaga selain Fitch juga pernah menurunkan peringkat kredit Israel dengan alasan yang sama, yakni eskalasi konflik di Timur Tengah.

BACA JUGA:Perundingan Israel-Hamas Dijawalkan Minggu Depan, Politisi Sayap Kanan Sebut Sebagai Jebakan Bagi Israel

Analisis yang dilakukan lembaga-lembaga tersebut akan membantu masyarakat luas (termasuk para investor) untuk menilai keadaan ekonomi suatu negara, dalam konteks ini Israel.

Jika peringkat kredit yang tersemat pada suatu negara itu tinggi, artinya mereka dapat mengatasi kredit tersebut dengan baik.

Pada Fitch Ratings sendiri, peringkat kredit tertinggi dimulai dari status AAA, AA, A, BBB, dan seterusnya. Sedangkan tambahan tanda plus (+) atau minus (-) itu ditujukan untuk peringkat yang lebih rinci.

Pernyataan Fitch terkait penurunan status kredit Israel ini dirilis melalui website resminya, yakni www.fitchratings.com.

Lembaga dengan kantor pusat di London dan New York ini didirikan oleh John Knowles Fitch dan sudah berkembang dengan memiliki 40 lebih kantor afiliasi di berbagai wilayah dunia. 

*) Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, peserta Magang Regular di Harian Disway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: