Upacara Detik-Detik Proklamasi Pertama di IKN, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kutai Kartanegara

Upacara Detik-Detik Proklamasi Pertama di IKN, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kutai Kartanegara

Detik-Detik Pengibaran Bendera Sang Merah Putih di Istana Negara IKN--Youtube Sekretariat Presiden

HARIAN DISWAY – Pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi untuk pertama kalinya di laksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin, 17 Agustus 2024.

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo memasuki Istana Negara IKN pada pukul 09.37 WIB.

Terlihat beberapa tokoh politisi, seperti Ketua DPRD Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, hingga Menteri BUMN Erick Thohir. 

BACA JUGA:Pertama Kali Dalam Sejarah! Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Dirayakan di Jakarta dan Nusantara

Upacara dimulai serentak di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara dan Istana Merdeka, Jakarta tepat pada pukul 09.45 WIB diiringi masuknya pasukan parade.


Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana memakai pakaian adat Kustin--Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo memasuki lapangan upacara berdampingan dengan ibu Iriana dengan balutan pakaian adat Nusantara yang terinspirasi dari baju adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, bernama Baju Kustin.

Senada dengan Presiden Jokowi, terlihat calon presiden terpilih Prabowo Subianto memakai pakaian adat Jawa bernuansa hitam.

BACA JUGA:Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus: Sejarah, Makna Peringatan, Logo dan Tema HUT RI ke-79

Sedangkan di Istana Merdeka, Jakarta, Wakil Presiden Maruf Amin dan ibu Wury terlihat menggunakan pakaian adat Pontianak berwarna oranye.

Meriam ditembakkan ketika Detik-Detik Proklamasi dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Puan Maharani dengan balutan baju adat berwarna merah. Kemudian, pembacaan doa oleh menteri agama RI Yaqud Cholil Qoumas.

Prosesi pengibaran bendera pusaka diawali dengan penyerahan Bendera Merah Putih oleh Presiden Joko Widodo kepada Petugas Pembawa Bendera Pusaka Ivenia Evelyn Kurniawan dari Provinsi Kalimantan Timur.


Pelaksanaan Detik-Detik Proklamasi di IKN dan Jakarta--Youtube Sekretariat Presiden

Pelaksanaan pengibaran Bendera Sang Merah Putih berlangsung hidmat baik dari Istana Negara, IKN ataupun Istana Merdeka, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: