Istimewa! Ulang Tahun Ke-79 Indonesia Dapat Dua Kado dari Palestina, Salah Satunya Video

Istimewa! Ulang Tahun Ke-79 Indonesia Dapat Dua Kado dari Palestina, Salah Satunya Video

Adegan yang ada dalam video ucapan dari warga Palestina untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Sangat mengharukan! --@adararelief

Dalam kesempatan itu, Retno menerangkan makna pemberian penghargaan itu kepada Presiden Jowkowi. Dijelaskannya, utusan khusus dari Palestina menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi secara langsung dari Presiden Mahmoud Abbas.

BACA JUGA: Gemerlap Karnaval Cakrawala Dunia, Puncak HUT RI di Kota Pasuruan

"Penghargaan dari utusan khusus Palestina itu ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia atas posisi Indonesia yang konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina," tutur perempuan berkacamata itu kepada presiden. 


Jokowi Dapat Penghargaan Atas Dukungan Indonesia Terhadap Hak Kemerdekaan Palestina-Setpres-

Sehubungan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-79, Al Maliki tak lupa menyampaikan pesan ucapan selamat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang punya hubungan baik dengan Jokowi.
Presiden Jokowi saat menerima penghargaan atas dukungan Indonesia terhadap hak kemerdekaan Palestina. Kado kedua itu diwujudkan dengan pemberian gelar tertinggi dari presiden Palestina kepada Presiden Jokowi. --Setpres

Menanggapi hal tersebut, Jokowi berbalik meresposnya. Beliau kembali menegaskan terkait komitmen posisi yang akan tetap sama diambil oleh Indonesia, yakni mendukung perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina.

“Bapak Presiden (Jokowi) antara lain menyampaikan kejelasan mengenai posisi Indonesia yang konsisten untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina," kata perempuan kelahiran Semarang tahun 1962 tersebut.

BACA JUGA: Semarak HUT RI ke-79, MaxOne Dharmahusada Gelar Workshop Natural Hand Cream

Ada banyak langkah yang akan tetap diambil oleh Indonesia. Di anatranya, Indonesia akan terus menyuarakan gencatan senjata, bantuan kemanusiaan yang tanpa terkendala, dan tentunya solusi dua negara.

Indonesia juga akan terus melakukan pendekatan kepada negara-negara anggota PBB agar segera mengakui Palestina yang telah lama diharapkan. Indonesia pun tetapmendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB. 

Selain menlu, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Utusan atau Penasihat Khusus Presiden Palestina, Riyad Al Maliki, tengah didampingi Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun.

BACA JUGA: Mercure Surabaya Grand Mirama Rayakan HUT RI ke-79 dengan Karnaval Meriah

Dengan disampaikannya penghargaan itu ada banyak catatan di balik itu. Penghargaan menjadi salah satu upaya untuk kembali menguatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina. Hubungan kedua negara ini sudah terjalin sejak lama.

Palestina bahkan berkontribusi menjadi salah satu dari negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Mereka juga menyebarkan pesan kemerdekaan tersebut melalui upaya seorang Syekh Muhammad Amin Al-Husaini. (*)

*) Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, peserta Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: