Profil Singkat Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan Jokowi Hasil Reshuffle

Profil Singkat Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan Jokowi Hasil Reshuffle

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga menteri negara dan satu wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/08/2024) pagi. (YuoTube BPMI Setpres) -Sekretariat Kabinet Republik Indonesia-Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet dengan melantik beberapa menteri baru pada 19 Agustus 2024. Dalam reshuffle ini, sejumlah tokoh dengan latar belakang bisnis dan politik diberi kepercayaan mengisi posisi penting dalam pemerintahan.

Selain jajaran menteri dan wakilnya, Jokowi juga mengangkut sejumlah kepala lembaga baru, termasuk lembaga yang baru dibentuk yaitu Badan Gizi Nasional.

BACA JUGA:Reshuffle Jokowi Rapikan Barisan Koalisi

Berikut profil singkat menteri, wakil menteri dan kepala lembaga yang dilantik Jokowi:

BACA JUGA:Empat Menteri Jokowi Gelar Rapat Pembatasan BBM Subsidi

1. Menteri investasi/BKPM Rosan Roeslani


Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) Rosan Perkasa Roeslani.-ist-

Rosan Roeslani resmi dilantik Jokowi sebagai menteri Investasi/Kepala BKPM baru, menggantikan posisi Bahlil Lahadalia. Rosan merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran pada pilpres 2024 lalu. Ia pernah menjabat sebagai wakil Menteri BUMN. 

BACA JUGA:Gibran Gabung Golkar, PDIP Enggan Tarik Kader di Kabinet Menteri Jokowi

2. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia


Jokowi resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM baru di kabinet Indonesia Maju. Bahlil sebelumnya menjabat sebagai Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kini dipercaya memimpin Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM).

Bahlil, Lahir di Maluku Utara pada 7 Agustus 1976, memiliki pengalaman luas sebagai pengusaha dengan kepemilikan 10 perusahaan dibawah PT Rifa capital. Sebagai Menteri ESDM, Bahlil diharapkan dapat membawa Indonesia lebih maju dalam transisi energi dan mendorong hilirisasi sumber daya alam. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Diganjar Penghargaan Tertinggi Palestina Grand Collar Order of The State of Palestine

3. kementerian Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: laman resmi sekretariat kabinet republik indonesia