Profil Singkat Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan Jokowi Hasil Reshuffle

Profil Singkat Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan Jokowi Hasil Reshuffle

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga menteri negara dan satu wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/08/2024) pagi. (YuoTube BPMI Setpres) -Sekretariat Kabinet Republik Indonesia-Sekretariat Kabinet Republik Indonesia


Supratman Andi Agtas gantikan Yasonna Laoly--Gerindra

Supratman Andi Agtas dilantik sebagai menteri Hukum dan Ham, menggantikan Yasonna laoly. Supratman, yang merupakan politikus Partai Gerindra, dikenal melalui perannya sebagai Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Pengalamannya di bidang hukum dan legislasi menjadi modal penting dalam mengemban tugas barunya, terutama dalam menavigasi berbagai isu hukum yang sedang dihadapi negara.

BACA JUGA:Respons Ketua DPP PDIP Said Abdullah saat Jokowi Reshuffle Kabinet Jelang Akhir Masa Jabatan

4. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Angga Raka Prabowo.

Angga Raka Prabowo baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo). karir politik Angga terhubung erat dengan Partai Gerindra dan ketua Umumnya, Prabowo Subianto. Bergabung dengan Gerindra sejak 2008, Angga mengawali karirnya sebagai bagian dari tim media partai pada 2012. 

BACA JUGA:Pertempuran Sengit di Donetsk Ukraina, Pokrovsk Terancam Serangan Rudal Rusia

5. Kepala BPOM Dr. Taruna Ikrar 


Diangkat sebagai Kepala BPOM, Taruna Ikrar Emban 5 Amanah Jokowi-Tangkapan layar-

Dr. Taruna Ikrar adalah Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang baru dilantik Jokowi pada agustus 2024. Ia memiliki latar belakang yang kuat dibidang kedokteran dan ilmu farmasi, serta pengalaman Internasional yang luas. 

BACA JUGA:Pasukan Ukraina Ledakkan Jembatan Kedua di Kursk, Presiden Zelensky Sebut Posisi Tentaranya Semakin Kuat

Ia menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Hasanuddin, Makassar, dan melanjutkan studi di bidang farmasi di jepang. Ia juga meraih gelar doktor di bidang ilmu kedokteran dari Universitas Okayama, jepang. Selain itu, Taruna pernah menjadi peneliti dan dosen di University of california, Irvine, Amerika Serikat, dimana ia fokus pada penelitian tentang saraf dan otak.

BACA JUGA:Ratusan Dokter India Masih Mogok Kerja Solidaritas Untuk Dokter Yang Diperkosa

6. Kepala badan Gizi Nasional Dadan Hindayana


Dosen IPB dari Fakultas Pertanian Ir. Dadan Hindayana kini menjadi Kepala Badan Gizi Nasional -kepakaran.ipb.ac.id-

Dadan Hindayana, yang baru saja dilantik sebagai Kepala Badan Gizi Nasional oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus 2024, memiliki latar belakang yang kuat di bidang ilmu gizi dan kesehatan masyarakat. Ia menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB), tempat ia meraih gelar sarjana di bidang Ilmu Gizi, kemudian melanjutkan ke jenjang magister dan doktor dengan fokus pada gizi masyarakat dan kebijakan pangan. Sebelum memegang jabatan ini, Dadan adalah dosen dan peneliti di IPB, terlibat aktif dalam berbagai proyek penelitian terkait gizi dan kesehatan masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: laman resmi sekretariat kabinet republik indonesia