Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan Pensiun, Era Baru Timnas Jerman

Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan Pensiun, Era Baru Timnas Jerman

Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan resmi pensiun dari Timnas Jerman. Foto: Marc Andre Ter Stegen (Kiri) dan Oliver Baumann (Kanan) ketika berlatih bersama Timnas Jerman, keduanya diprediksi akan menggantikan posisi Manuel Neuer yang pensiun--Instagram @dfb_team

HARIAN DISWAY - Kabar mengejutkan datang dari Timnas Jerman. Dua pemain senior mereka, Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan, resmi mengumumkan pensiun dari sepak bola internasional. 

Manuel Neuer mengumumkan keputusan mengejutkan ini lewat akun media sosialnya pada Rabu, 21 Agustus 2024 malam WIB.

“Setelah lebih dari 15 tahun dan 124 pertandingan nasional, karir saya di timnas Jerman berakhir hari ini. Saya tidak mengambil keputusan ini dengan mudah. Saya merasa sangat baik dan tentu Piala Dunia 2026 juga sangat menggoda. Namun, setelah diskusi dengan keluarga dan teman-teman, saya telah memutuskan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk menutup karir saya disini,” Tulis Neuer di akun Instagram pribadinya.

BACA JUGA:Jerman Gagal ke Final, Spanyol Tantang Prancis di Euro 2024


Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan resmi pensiun dari Timnas Jerman. Foto: Manuel Neuer ketika memenangkan Piala Dunia 2014 di Brazil--Instagram @dfb_team

Kiper Bayern Munchen itu mengatakan juga bahwa ia sangat bersyukur dan senang karena bisa membantu Timnas Jerman memenangkan Piala Dunia 2014 di Brazil.

“Terima kasih banyak kepada seluruh staf, supervisor, pelatih, dan juga rekan-rekan yang telah mendukung saya sejak debut di timnas pada 2 Juni 2009! Dan terutama saya ingin berterima kasih kepada penggemar yang telah mendukung selama ini!" Tutup Neuer.

Neuer yang sebelumnya berniat untuk terus beraksi hingga Piala Dunia 2026, memilih untuk mengakhiri kariernya lebih awal di usia 38 tahun. Penjaga gawang yang telah menjadi sosok tak tergantikan di bawah mistar Timnas Jerman sejak 2009 ini, memutuskan untuk mengucapkan selamat tinggal.

BACA JUGA:Keuangan Barcelona Memburuk, Gundogan 'Ditumbalkan' di Bursa Transfer?

Sehari sebelumnya, Ilkay Gundogan, gelandang yang telah menjadi otak permainan Jerman dalam beberapa tahun terakhir, juga memutuskan untuk mundur dari kancah internasional.

Ia mencatatkan lebih dari 70 penampilan untuk Der Panzer (Julukan Timnas Jerman).

Keputusan Neuer dan Gundogan ini menyusul langkah serupa dari Toni Kroos dan Thomas Muller yang juga memutuskan untuk pensiun setelah Euro 2024.

Dalam waktu singkat, Timnas Jerman kehilangan empat pemain senior yang menjadi tulang punggung tim di turnamen besar.

Kepergian mereka menimbulkan pertanyaan besar tentang masa depan Timnas Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber