Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan Pensiun, Era Baru Timnas Jerman

Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan Pensiun, Era Baru Timnas Jerman

Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan resmi pensiun dari Timnas Jerman. Foto: Marc Andre Ter Stegen (Kiri) dan Oliver Baumann (Kanan) ketika berlatih bersama Timnas Jerman, keduanya diprediksi akan menggantikan posisi Manuel Neuer yang pensiun--Instagram @dfb_team

Pelatih Julian Nagelsmann, kini dihadapkan pada tugas berat untuk meremajakan tim, mencari pengganti yang layak untuk posisi-posisi yang ditinggalkan, dan membangun kembali kekuatan tim yang siap bersaing di panggung internasional.

BACA JUGA:Tangis Toni Kroos Setelah Kariernya di Timnas Jerman Berakhir: Ini Pahit Sekali


Manuel Neuer dan Ilkay Gundogan resmi pensiun dari Timnas Jerman. Foto: Ilkay Gundogan ketika memakai ban kapten pada ajang Euro 2024--Instagram @dfb_team

Nama-nama muda seperti Jamal Musiala, Florian Wirtz, dan Kai Havertz diharapkan mampu mengambil alih peran penting dalam tim.

Namun, absennya pengalaman dan kepemimpinan dari para pemain senior ini bisa menjadi tantangan besar bagi regenerasi skuad.

Untuk saat ini, Timnas Jerman masih memiliki beberapa pemain senior yang akan memimpin skuad dalam masa transisi seperti Joshua Kimmich dan Antonio Rudiger.

Kehadiran mereka diharapkan bisa memberikan keseimbangan dan pengalaman yang dibutuhkan oleh generasi muda.

Dengan pensiunnya Neuer, Marc-Andre ter Stegen diperkirakan akan mengambil alih posisi sebagai kiper utama.

Ter Stegen, yang telah lama menjadi bayang-bayang Neuer, kini mendapat kesempatan untuk membuktikan dirinya sebagai penjaga gawang nomor satu Jerman.

*) Peserta magang dari Prodi Bahasa & Sastra Inggris Universitas Airlangga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber