Teka-teki Rekom PKB untuk Pilbup Sidoarjo

Teka-teki Rekom PKB untuk Pilbup Sidoarjo

Anik Maslachah (tengah) memberi keterangan terkait rekom PKB untuk pilbup Sidoarjo usai mendatangi Direktorat Intelkam Polda Jatim, Kamis, 22 Agustus 2024. -Michael Fredy Yacob-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Partai Amanat Nasional (PAN) baru saja memberikan surat rekomendasi kepada pasangan Achmad Amir Aslichin - Edy Widodo untuk maju Pilbup Sidoarjo. Mas Iin –sapaan akrab Achmad Amir Aslichin merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Sayangnya, partainya sendiri hingga saat ini belum memberikan keputusan akan memberikan rekom tersebut kepada siapa. Pasalnya, DPC PKB Sidoarjo memang memiliki beberapa kader yang mumpuni untuk maju di Pilbup Sidoarjo. Salah satunya Ketua DPC PKB Sidoarjo Subandi dan Mas Iin itu sendiri.

Plt Bupati Sidoarjo Subandi itu juga saat ini juga sedang berusaha untuk mendapatkan surat rekomendasi itu dari PKB. Pun Subandi juga sudah membangun komunikasi dengan beberapa partai politik di Sidoarjo. Seperti Golkar, PDI Perjuangan, dan Gerindra.

Mas Iin mengatakan, rekomendasi yang diberikan PAN ini menjadi langkah awal yang baik. Sebab, dari rekomendasi itu, akan menarik partai lain untuk memberikan rekom kepada dirinya dan Edy Widodo. “Ini menjadi langkah yang baik untuk mendapat rekom selanjutnya. Tentunya dari partai saya: PKB,” katanya, Kamis, 22 Agustus 2024.

BACA JUGA:PKB Minta Pendampingan Polda Jatim untuk Muktamar di Bali

BACA JUGA:PKB Batal Usung Anies di Pilgub Jakarta, Cak Imin: Proses Politik Begitu Cepat

Ia pun mengaku sudah menjalin komunikasi dengan partai lain yang tentunya memiliki kursi di DPRD Kabupaten Sidoarjo. "Semuanya. Kami sudah berkomunikasi dengan PDI Perjuangan, tentunya partai saya sendiri PKB, Gerindra, PKS, Nasdem, PPP, Demokrat, dan Golkar juga." tegasnya.

Bahkan, ia menegaskan bahwa dirinya tidak akan keluar dari PKB. Meski, partai berlogo bola dunia itu tidak memberikan rekomendasi kepadanya. “Sampai sekarang saya masih di PKB. Saya tidak akan keluar dari PKB. Bahkan, tidak kepikiran,” katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah merespons santai terkait rekom tersebut. Dia menegaskan, PKB sampai saat ini masih belum mengeluarkan rekomendasi untuk Pilgub Jatim termasuk pilbup Sidoarjo. Serta ada beberapa daerah lainnya lagi.

“Sampai saat ini, sekitar 20 persen daerah belum dapat rekom. Saat ini masih proses. Sidoarjo juga belum. Persoalan kemudian ditambah rekom dari partai lain, itu sebuah kepositifan dari calon. Bagaimana mereka bisa mendapat rekom dari satu partai. Soal PKB mengarah ke siapa, masih belum,” tegasnya.

BACA JUGA:PKS, PKB, Nasdem Gabung KIM Plus, Dukung Ridwan Kamil - Suswono Pilgub Jakarta 2024

BACA JUGA:PKB Belum Mau Gabung Koalisi Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Anik juga masih enggan mengungkapkan rekom PKB nantinya akan diberikan kepada Mas Iin atau Subandi. “Masih belum tau. Rekomnya kan belum turun dari DPP PKB. Keduanya adalah kader terbaik PKB. Persoalan PKB nanti mengarah ke siapa, tunggu tanggal mainnya,” bebernya.

Pun Anik juga enggan berbicara terkait keputusan Mas Iin yang akan tetap berada di PKB, walau anak Saiful Illah ini tidak diusung oleh PKB nantinya di Pilbup Sidoarjo. “Kalau itu, jangan tanya saya. Tanya langsung ke beliaunya,” tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: