Zulhas Pimpin PAN Lagi, Jokowi Ingatkan Gerindra Tambah Jumlah Menteri dari PAN

Zulhas Pimpin PAN Lagi, Jokowi Ingatkan Gerindra Tambah Jumlah Menteri dari PAN

Zulkifli Hasan memberi sambutan dalam pembukaan Kongres Nasional ke-VI PAN di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat malam, 23 Agustus 2024. Ia terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum PAN periode 2024-2029.--PAN TV

HARIAN DISWAY - Kongres Nasional ke-VI Partai Amanat Nasional (PAN) berlangsung di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat malam, 23 Agustus 2024.

Zulkifli Hasan alias Zulhas pun kembali ditetapkan sebagai ketua umum PAN periode 2024-2029. Menteri perdagangan itu terpilih secara aklamasi. Dengan demikian, Zulhas menjadi ketua umum terlama sejak PAN didirikan pada 1998.

Penetapannya sebagai ketua umum diputuskan dalam Pleno 5 Kongres PAN yang diikuti oleh seluruh pengurus partai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Zulhas Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Surabaya, Menunya Ayam Bakar

BACA JUGA:Tanggapan Singkat Jokowi Terhadap Polemik RUU Pilkada: Kita Hormati Wewenang Lembaga Negara

Seharusnya, acara penetapan ketua umum itu digelar pada hari ini. Tetapi, steering committee Kongres Nasional ke-VI PAN memutuskan lebih cepat.

“Karena masih ada waktu, akhirnya steering committee mengiyakan,” ungkap Ketua Steering Committee Kongres ke-VI PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan selepas acara, tadi malam.

Wakil Ketua Umum PAN itu menjelaskan bahwa penetapan tersebut sudah melalui sidang pleno pertama sampai keenam. Dan dalam penetapan pleno ke-5, Zulhas masih menjadi calon tunggal. Maka diputuskan untuk langsung ditetapkan secara aklamasi sebagai ketua umum.

“Jadi, segala keputusan di kongres, menjadi institusi pengambilan keputusan tertinggi,” kata Viva. Keputusan sudah bulat dan mufakat.

Seluruh peserta dari 38 DPW dan 514 DPD yang telah mengusulkan dukungannya menyatakan setuju.

BACA JUGA:Ngabalin: Kader di Daerah Minta Jokowi Jadi Ketua Wanbin Partai Golkar

BACA JUGA:Jokowi Naikkan 50 Persen Insentif untuk Semua Pegawai KPU

Kongres tersebut juga dihadiri oleh banyak tokoh. Mulai dari elite parpol hingga menteri. Termasuk wakil presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Presiden Jokowi juga turut hadir dan membuka kongres. Jokowi mengenakan kemeja biru polos lengan panjang. “Saya optimistis, PAN akan mampu masuk jajaran tiga partai terbesar di Indonesia dengan seluruh ide-ide dan gagasannya,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: