Paus Fransiskus ke Jakarta, Pimpin Misa di GBK, Umat yang Belum Daftar Bisa Ikut Online

Paus Fransiskus ke Jakarta, Pimpin Misa di GBK, Umat yang Belum Daftar Bisa Ikut Online

Paus Fransiskus akan memimpin Misa Akbar di GBK pada tanggal 5 September 2024. Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia telah mneyiapkan solusi bagi Umat Katolik yang ketinggalan pendaftaran.-CNS/Paul Haring-www.americamagazine.org

HARIAN DISWAY - Paus Fransiskus akan memimpin Misa Akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Meski di GBK, namun ternyata masih banyak umat Katolik yang tertinggal untuk daftar. Jadi, panitia yang bertugas sudah menyiapkan solusi bagi masalah tersebut.

Dalam acara Dialog Bersama Forum Merdeka Barat (FMB9) pada Senin, 26 Agustus 2024, Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus ke Indonesia Romo Thomas Ulun Ismoyo dan Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Paus ke Indonesia Romo Anthonius Gregorius Angelo Lalu telah menjelaskan solusinya.

Rm. Thomas menyebut bahwa pihaknya sudah menyiapkan layanan siaran online bagi umat yang tak hadir secara langsung acara Misa Akbar.

“Di Jakarta sendiri, kami sudah mengimbau dan sepertinya akan terjadi 90 persen lebih gereja-gereja pada hari yang sama juga akan mengadakan misa secara online,” terang Rm. Thomas.

Jadi, apa yang terjadi di Senayan juga akan terjadi di gereja-gereja di seluruh wilayah Jakarta dan Tangerang dan Bekasi.

BACA JUGA:Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Mulai 3-6 September 2024

Tak bisa dimungkiri bahwa rasa kecewa mayoritas dirasakan banyak umat yang tak dapat hadir secara langsung di GBK. Akan tetapi, Romo Thomas menyeru agar mereka dapat mengikhlaskan hal tersebut.

Sebab, bagaimana pun, acara kali ini merupakan agenda istimewa yang dihadiri oleh orang yang istimewa pula, yakni Paus Fransiskus yang merupakan pemimpin Gereja Katolik di seluruh dunia.

Ia berharap umat Katolik dapat tetap fokus untuk merayakan kegembiraan dengan hadirnya Paus di Indonesia, meski lewat cara yang berbeda-beda (hadir secara langsung maupun online).

Romo Anthonius Gregorius Angelo Lalu turut memberikan tanggapan terkait hal ini. Ia meminta agar umat dapat mengerti kalau ada keterbatasan untuk mengundang semua umat Katolik di Indonesia dalam tempat dan waktu yang sama.

“Yang hadir dan tidak hadir itu tetap adalah umat yang dicintai oleh Paus,” ujar pria berbaju putih tersebut. 

BACA JUGA:Paus Fransiskus Sampaikan Pesan Ini Jelang Kunjungan ke Indonesia

Ia kemudian menjelaskan, panitia tengah berusaha agar dapat meliput semua kegiatan Paus Fransiskus —sejak turun di bandara Soekarno-Hatta— khususnya ketika berada di venue untuk disajikan dalam siaran online maupun TV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fmb9