Super Garuda Shield Dilaksanakan di Tiga Daerah Selama 10 Hari

Super Garuda Shield Dilaksanakan di Tiga Daerah Selama 10 Hari

Pasukan TNI dan tentara negara sahabat yang mengikuti pembukaan Latgab Garuda Shield, di Baseops pangkalan udara TNI AL, Juanda, Sidoarjo, Senin, 26 Agustus 2024.-Moch Sahirol Layeli-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Latihan gabungan (Latgab) Super Garuda Shield kembali dilaksanakan. Latgab itu dilaksanakan selama kurang lebih 10 hari. Mulai 26 Agustus hingga 6 September 2024. Latgab ini yang diikuti 11 negara Indo Pasifik dan 11 negara observer itu secara resmi dibuka di Basops pangkalan udara TNI Angkatan Laut, Juanda, Sidoarjo.

Upacara pembukaannya resmi dibuka Wakil Komandan Kodiklat TNI Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra, didampingi Mayjen Joseph R Harris II Hawaii Air National Guard Commander. Diikuti personel TNI dan tentara dari beberapa negara sahabat.

Negara Indo Pasifik yang mengikuti latgab ini di antaranya: Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Singapura, Inggris, Kanada Thailand, Korea Selatan, Perancis dan Selandia Baru. Sementara, negara observer yakni: Jerman, Kanada, Brazil, Malaysia, Filipina, Belanda, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Arab Saudi, India, dan Timor Leste.

Marsda TNI Widyargo Ikoputra mengatakan, latgab ini merupakan sarana untuk mewujudkan Confidence Building Measure (CBM) terhadap semua personel TNI. Selain itu, mempererat hubungan bilateral Military to Military maupun Hubungan Multilateral.

BACA JUGA:Bamsoet Dorong Pembentukan Matra ke–4 Angkatan Siber TNI Segera Direalisasikan

BACA JUGA:Sambut Peserta Latgab Super Garuda Shield, TNI Kendalikan Arus Logistik dan Alutsista

“Jadikan momentum  sebagai benefit atau keuntungan yang strategis bagi negara yang mengikutinya,” katanya usai membuka Latgab Super Garuda Shield 2024, di di Basops pangkalan udara TNI Angkatan Laut, Juanda, Sidoarjo, Senin 26 Agustus 2024.

Juga latihan itu juga dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan operasi. Didukung oleh staf fungsi gabungan. Juga meningkatkan integrasi dan interoperabilitas komando pengendalian (Kodal) antara tiga matra (TNI-AD, TNI-AL, dan TNI-AU).

“Saya mendorong semua peserta untuk memanfaatkan peluang luar biasa yang disediakan ini untuk pertukaran ilmu. Juga budaya yang akan memperkuat kemitraan kita melalui tantangan pembelajaran dan pelatihan bersama melalui visi dan misi,” ungkapnya.

Latihan ini dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Marinir Karang Tekok, Pantai Banongan, Pusat Latihan Tempur TNI-AD Baturaja, Bengkok Alas, dan Dodiklatpur Kodam V/Brawijaya, di Desa Palangan.

Materi yang diberikan dalam latma ini adalah Staffex, cyberex, airborne ops, cargo delivery system, joint strike, jungle FTX, special operation force (SOF), amphibious operation, engineer civil action project dan combine Arm Life Fire Exercise (Calfex).

Upacara pembukaan Latgab Super Garuda Shield 2024 ini diikuti oleh 538 personel. Terdiri dari personel TNI sebanyak 113 orang, USA 97 Personel, Australia 76 personel, Singapura 20 personel, dan personel pendukung sebanyak 119 orang. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: