Bamsoet Dorong Pembentukan Matra ke–4 Angkatan Siber TNI Segera Direalisasikan

Bamsoet Dorong Pembentukan Matra ke–4 Angkatan Siber TNI Segera Direalisasikan

Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam Sidang Tahunan MPR 2024 mendorong segera terwujudnya Matra ke 4 TNI yakni Angkata Siber -TVR Parlemen-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendorong segera terbentuknya Matra ke-4 TNI yakni Angkatan Siber

Hal tersebut ia sampaikan di sela-sela pidato Sidang Tahunan MPR 2024 di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 16 Agustus 2024. Dalam pidato tersebut, pria yang akrab disapa Bamsoet ini menyinggung soal keamanan siber di Indonesia. 

“Saatnya Indonesia mempersiapkan pembentukan Matra ke-4 tentara nasional dengan menghadirkan angkatan siber untuk memperkuat tiga matra yang sudah ada, yakni  angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara,” ucap Bamsoet.

BACA JUGA:Sidang Tahunan MPR 2024: Bamsoet Puji Pemerintahan Jokowi-Maruf Dalam Menyiapkan Cita-Cita Indonesia Emas 2024

Pernyataan Bamsoet tersebut juga didasari kasus peretasan data nasional bulan Juni lalu.

“Ketahanan keamanan siber di Indonesia juga masih perlu peningkatan. Ini terkait juga dengan kasus peretasan data nasional yang mengisyaratkan urgensi kesediaan lembaga pemerintah yang berfokus pada keamanan siber, termasuk peraturan hukumnya” jelas Bambang.

BACA JUGA:TNI akan Buka Rekrutmen Khusus Prajurit Satuan Siber

Berdasarkan National Cyber Security Index, Indonesia menempati posisi ke-5 dalam hal keamanan siber di Asean. Keberadaan perang siber dan perang militer dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan lebih cepat, tepat dan akurat.

Bambang menyebut pemerintah perlu waspada akan posisi geopolitik Indonesia yang berhadapan langsung dengan negara persemakmuran Inggris serta pertarungan antara Rusia-Tiongkok-Amerika.

BACA JUGA:Anggota Satuan Khusus Siber TNI Tidak Harus dari Tentara, Panglima: Yang Kuliah Atau SMA-nya Punya Kemampuan IT

“Yaitu Malaysia, Singapura, dan Australia yang tergabung dalam Five Power Defence Arrangements bersama Selandia Baru dan Britania Raya. Disisi lain juga berada dalam arena pertarungan geopolitik Rusia,Tiongkok, dan Amerika,” kata Bambang.

Pembentukan Angkatan Siber TNI penting bagi Indonesia untuk melawan pertarungan dinamis. Bambang mengatakan bahwa digitalisasi perlu adanya pemerataan agar dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, tak terkecuali masyarakat bagian Indonesia Timur.

BACA JUGA:Wamenkominfo: Serangan Siber ke PDNS Tak Ganggu Transformasi Digital

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo resmi membuka Sidang Tahunan MPR 2024 dan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) & Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2024 pada Jumat, 16 Agustus 2024 di Gedung MPR, Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: parlemen tv